13 August 2009

PASUPATI BALI DUKUNG NGABEN MASAL DI GEGELANG

Pasupati ( Paiketan Spritual Bajra Sakti) Bali mensupport pengabenan massal dadia Pasek Gelgel di Desa Pekraman Gegelang, Manggis, Karangasem. Sebagai bentuk kepedulian, PASUPATI menggelontor bantuan dana ke Desa tersebut yang diserahkan Ketua Pasupati Jro Ketut Sutha.

Pengabenan massal dadia Pasek Gelgel, Desa Gegelang dilakukan Rabu (12/8) hari ini. Bade sepanjang 11 Meter dan tempat pembakaran tulang berupa Gajah Mina sepanjang 3, 5 meter dengan tinggi 2, 25 akan diusung dari setra. Terkait dengan upacara ini, Pasupati yang bergerak dalam bidang sosial terketuk hatinya untuk memberikan support moral, support ini dilakukan dengan penggelontoran bantuan yang diserahkan kepada panitia karya. “ Jangan lihat jumlahnya, tapi itikad kami untuk memberikan support dan up plus akan arti kebersamaan, “ kata Ketua Pasupati, Jero Ketut Sutha.

Lebih jauh, Sutha mengatakan kegiataan ngaben massal memang layak untuk didukung, pasalnya ngaben kebersamaan seperti ini selain meringankan biaya, juga memiliki makna tersendiri. “ Perlu dicontoh, kegiatan seperti ini, saya sangat salut, “ katanya.

Sementara itu, I Wayan Bandem, Ketua Panitia acara mengatakan persiapan upacara ini dilakukan sejak tanggal 4 Maret yang lalu, pelaksanaan ngaben massal ini melibatkan 122 sawe. “ Persiapan telah dilakukan sejak 4 Maret lalu, “ jelasnya singkat.
Kegiatan ini, sambung Bandem dilakukan berawal dari kesamaan visi dan misi antar warga untuk mewujudkan akan arti sebuah kebersamaan. “ Inilah arti kebersamaan yang kami praktekkan, “ujarnya. (Karta W)

5 comments:

Anonymous said...

gegelang berjaya...

cenik said...

Gegelang Adalah Central desa dimana memiliki 6 Banjar di antaranya:Br.telengan,Br.kalanganyar,Br.gegelang,Br.pakel,Br.Babakan dan Br.panggung
Dimana saat Memiliki Kepala desa Bernama : I Komang Tanaya
Dan Bendesa Adat Dipegang oleh : Jmp.W.Kamasan.S

Saya Pribadi Mengucapkan selamat buat warga gegalang atas kebersamaan selama ini,semoga sukses dan berjaya....

maleoog said...

http://www.facebook.com/groups/207598022604558/

Unknown said...

info menarik ,, maju terus karangasem

Unknown said...

rasa bangga bisa mengikuti dan berpartisipasi dalam upakara ngaben yang dilaksanakan di gegelang karang asem. saya atas nama (alm) wayan rinten sekeluarga mengucapkan terimakasi kepada desa adat gegelang atas kesediaanya membantu dan mendukung upakara ini. tak lupa juga kami ucapkan terimakasih kepada pihak -pihak yang lainnya.

ttd

Gede Suastawan ( desa tajun Buleleng)