26 August 2009

KKM RAIH SERTIFIKAI ISO


Kontroversial Koperasi Karangasem Membangun (KKM) nampaknya tdk pernah berakhir setelah sempat dibekukan aktifitasnya pada beberapa bulan lalu,kini koperasi yg dimotori Putu Kertia Cs,malah menerima sertifikat ISO 9001:2008 yang diberikan Worldwide Quality Assurance (WQA). Penyerahan sertifikat dilakukan langsung oleh General Manajar WQA, Widayanti pada Rabu (26/8) dilantai empat Gedung pusat KKM, Jalan Ahmad Yani, Subagan Amlapura.

Yang cukup mengejutkan,Widayanti mengatakan, KKM merupakan satu-satunya Koperasi di Indonesia yang mendapat sertifikat berlabel ISO. ‘’KKM merupakan Koperasi pertama yang mendapat sertifikat ISO’’ujarnya dihadapan beberapa pengurus KKM.

Widayanti berharap program yang dirintis KKM yang dinilai mensejahterakan rakyat bisa dijadikan ikon bagi Koperasi di Indonesia karena mampu mengangkat unit-unit koperasi kerakyatan.

Lanjut Widayanti, pemberian sertifikat ini dilakukan karena melihat komitmen KKM dan juga telah dinyatakan lulus dengan memenuhi criteria yang telah ditentukan sehingga oleh pihak WQA, KKM dinilai layak mendapatkan sertifikat. ‘’Tanpa komitmen dari top menejemen, ISO tidak akan mengeluarkan sertifikat’’ujarnya.

Dengan diberikannya sertifikat ini, pihaknya akan terus memantau KKM, sebaliknya harapnya KKM harus lebih memperbaiki dirinya. Setiap 6 bulan atau 1 tahun, pihak WQA akan terus mengunjungi guna melihat komitmen tersebut apakah terus berjalan atau mandeg.

Menurut Widayanti pemberian sertifikat ini memiliki peran yang besar baik secara eksternal dan internal. ‘’Secara internal sendiri sertifikat ini berguna untuk pengembangan usaha guna memberikan kepuasan kepada pemegang saham, nasabah maupun pihak lainnya yang berkepentingan’’paparnya panjang lebar.

Sementara itu Yuda dari pihak Konsultan memberikan support kepada KKM agar mampu mengangkat perekonomian berbasis kerakyatan. ‘’Ini semua tergantung dari komitmen manajemen KKM. Dengan adanya sertifikat ISO menandakan pihak KKM komit’’ujarnya.
Dalam penyerahan sertifikan tersebut, dari pihak KKM nampak Ir. Made Mahendra, Made Mintaka dan top manajemen lainnya.

Sementara pantauan dilapangan, antrean panjang masih terjadi bagi nasabah yang akan menarik uangnya yang tertanam di KKM. Sejak pagi, antrean terjadi yang mendapat pengawalan aparat keamanan (Krt)

2 comments:

dr. FX Lukman Ariwibowo said...

Penghargaan boleh-boleh saja tapi segera kembalikan uang rakyat yang dulu terserap di KKM waktu di gerebeg polisi ya?

Gus Arya said...

mohon informasi terkini ttg proses pengembalian dana nasabah kkm.... karna tyang sejak awal 2010 berada di sulawesi sehingga kurang mendapatkan info tersebut... adakah yang punya informasi ttg pengembalian dana nasabah... mohon di sharing..

trim's