14 July 2009

PEMKAB KARANGASEM NGANYARIN DI MANDARA GIRI LUMAJANG

Terkait pelaksanaan Upacara Bakti Penganyar Pujawali di Pura Mandara Giri Lumajang Jawa Timur yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2009,menyusul pelaksanaan puncak Karya Pujawali lan Tabuh Gentuh,pada tanggal 7 Juli 2009, Pemkab. Karangasem menghaturkan pengayar (Dapat giliran menggelar upacara) bersama Pedanda(Pendeta) Gede Ketut Pidada dari Geria Punia Sidemen dan Ida Pedanda Gede Pinatih dari Geria Sibetan."

Rombongan Penganyar Kabupaten Karangasem terdiri dari 14 kendaraan bus mengangkut sekitar 600 orang pemedek khususnya dari jajaran Dinas Pemkab Karangasem dipimpin Wakil Bupati Karangasem Drs. I Gusti Lanang Rai, M.Si beserta Nyonya. Rombongan berangkat dari Bali tanggal 11 Juli 2009 tiba malam hari pukul 24.00 Wib dengan rangkaian 3 kali pemuspaan yakni di Pura Ponjok Batu, Pura Pulaki dan Pura Jagatnatha Blambangan.

”Upacara Penganyar berlangsung pukul 10.00 wib diikuti kelengkapan upacara seperti Tetabuhan Gong, tari Topeng, Pemantasan Wayang Gedogan/Sidakarya dan Pesantian Sabda Saraswati diakhiri dengan persembahyangan bersama. Upacara bakti penganyar saat itu juga diikuti oleh umat dari pengempon Pura setempat. serta pemedek dari berbagai penjuru nusantara.” Terang Kabag Humas Sosiawan

Pemkab Ngaturang punia untuk Karya Pujawali di Pura Gunug Agung Semeru sebesar Rp. 20.000.000 dan ngaturang punia pula di Pura Ponjok Batu, Pura Pulaki dan Pura Blambangan masing-masing Rp. 500.000 (Karta W)

No comments: