09 June 2009

TAHANAN KABUR DARI LAPAS KARANGASEM

AMLAPURA— Lapas kelas II B Karangasem,geger pasalnya seorang tahanan titipan Kejaksaan Amlapura I Kadek Sudartika (22) alias Ucil kabur dari sel tikus Lapas tersebut poada,Mingu(7/6) .

Peria mungil asal Dusun Busung Biu, Singaraja ini tercatat sebagai salah satu risidivis yang cukup licin dan cerdik. Malah menurut Kapala Lapas IGN Wiratna Ucil sudah 14 kali keluar masuk bui akibat kejahatanya.

Informasi yang berkembang Ucil berada di sel Lapas Karangasem baru lima hari yakni sejak tanggal (3/6) lalu. Awalnya Ucil adalah narapida yang disebrangkan dari Lapas Singaraja. yang bersangkutan dikenal sulit dibina. Sebelumnya dia juga sempat kabur dari Lapas Singaraja dan ditangkap di Kuta, Badung. Kemudian pelaku dibawa kembali ke Lapas Singaraja lalu beberapa hari tinggal di Lapas Ucil pun dikirimn ke Karangasem.

Yang cukup mengherankan beberapa waktu lalu Ucil sebenarnya sudah dinyatakan bebas karena telah menyelesaikan masa hukumnya. Namun apa yang terjadi baru saja empat hari Ia menghirup kebebasan ,Ia kembali berulah nekat yakni mencuri Kamera dari seorang warga dilingkungan Karang Sokong Amlapura. Akibatnya sejak 5 hari lalu dia ditahan sebegai tahanan titipan Kejaksaan Amlapura.

Selain pencuri kawakan,ia juga berulah preman terbukti baru dua hari ditahan Ia telah bikin onar yakni berkelahi di Lapas dengan kelompok tanahan lainya asal Kubu. Karena kelakuannya itu sejak dua hari lalu Ia di skrab dengan dimasukan ke sel tikus. Menurut sumber Lapas hal ini dilakukan agar memperkecil ruang geraknya .karena diruang itu pula tingkat pengamanannya terbilang ekstra ketat (Super maksimum Sycuritas).

Ternyata itu bukan jaminan lelaki cerdik tersebut sekalipun dalam kondisi di srab ternyata tetap bisa kabur. Awak Lapas sendiri nyaris tidak percaya dengan kenyataan itu ,kepada sejumlah awak media Kalapas Wiratna malah sempat menunjukkan tempat dimana Ucil ditahan yakni diruangan nomor 4 yang terletak di pojok kanan Lapas Karangasem tersebut

Ruangan berukuran sekitar 2,5 kali 2,5 dengan tinggi sekitar 3 meter tersebut sepintas sulit untuk di trobos. Namun tidak berlaku bagi Ucil .Menurut prediksi Ia keluar dari sel tikus tersebut melalui pintu sel yang ada trali besinya. Diatas pintu sel tersebut ada loster berukuran kira kira sebesar kepala orang. Loster tersebut ditutup dengan menggunakan triplek. Tiriplek inilah yang di jebolnya.

Keluar dari sel tikus Ucil diperkirakan naik di pojok timur lapas dengan menjebol flapon setinggi 3 meter. Kemudian dia masuk ke ruang terowongan diatas flapon lalu meloncat jalan disebelah barat pintu jaga.

Tahanan bengal itu baru diketahui hilang sekitar pukul 23.00 wita hari Minggu malam lalu. Padahal pada hari itu juga sekitar Jam 21 dan jam 23.00 wita petugas Lapas sempat melakukan kontrol dan diketahui pelaku masih ada .

Atas kaburnya tahanan itu, Pihak Lapas langsung membentuk 4 tim untuk melakukan pencarian. Malah informasi dilapangan Ucil nyaris tertangkap saat dia ditemukan di belakang Prima Celular, tepatnya di sebuah rongsokan di Subangan. Namun lagi-lagi Ucil berhasil mengelabui petugas. Disebutkan Dia kabur menuju persawahan.Hingga kini keberadaan Ucil masih belum jelas.Sementara pihak Lapas berjanji akan menjebloskan kembali kesel tikus jika Ia tertangkap nantinya "Kita akan kejar terus ,kita juga akan melaporkan trerecord pelaku yang sempat melarikan diri berulangkali dan berkelehi di Tahanan. Pastinya Ia akan kehilangan hak hak yang meringankan karena ulahnya itu ” Ujar Kalapas Wiratna geram. (Karta W)

No comments: