13 June 2009

KARANGASEM DAPAT BANTUAN PROGRAM ITC DEPKOMINFO-JIKA

AMLAPURA—Karangasem yang masih menyandang identitas daerah tertinggal nampak terus mendapat perhatian dari berbagai pihak. Diantaranya ddalam bidang teknologi imformasi.
Karangasem mendapat bantuan dari program ICT Capability Strengthening For E-Local Government. Bantuan ini dalam bentuk pendampingan ahli (E-Local Government Help Desk–ELGHD). Program ini merupakan kegiatan bersama Badan Litang Dekopindo dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Karangasem, Gde Ngurah Yudiantara mengatakan bahwa bantuan tersebut terbilang langka. Menurutnya Karangasem perlu bersyukur atas adanya bantuan berbasis IT tersebut

Lanjut disebutkan di Indonesia hanya ada empat Kabupatan yang mendapat glontoran bantuan Jepang yang bekerjasama dengan Depkofindo. Melalui seminar terkait bantuan tersebut diharapkan bisa jadi momentun untuk mengimplementasikan E-Local Goverment, guna mencapai good government.

Selaian itu tambahnya, Karangasem juga dibantu program pembagunan dan penguatan media center yang berbasis internet. Dalam seminar yang dilakukan di Gedung Kesenian Amlapura tersebut menghadirkan seorang narasumber handal Hadi Soenjoyo. Dia adalah leader ELGHD yang bersangkutan juga dikenal ahli ELGHD. Selaian itu juga tampil Aizirman Djusan selaku keynote speech dari Depkominfo.

Seminar diikuti 130 orang terdiri dari unsur DPRD Kepala Dinas, utusan kabupaten/kota se-Bali, anggota DPRD Karangasem, perbekel dan jajaran Diskominfo Karangasem.

”Seminar tersebut juga dilanjutkan dengan pelatihan pengenalan teknologi informatika yang menyasar PNS hingga aparat desa. Khusus untuk pelatihan ini melibatkan 150 orang peserta dan dibagi dalam lima angkatan dengan masa orentasi masing masing selama dua hari dengan materi diantaranya adalah pengenalan teknologi informasi dan komunikasi, arsitektur komputer, aplikasi perkantoran serta internet.” Terang Yudiantara .(Karta W)

No comments: