03 June 2009

BUPATI NILAI DISIPLIN PNS MASIH RENDAH

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH mengingatkan disiplin segenap jajaran PNS jajaran Pemkab Karangasem saat ini dalam kondisi low alias masih rendah. Hal ini terlihat dari masih lemahnya unsur waskat (pengawasan melekat) pada setia unit kerja yang bermuara pada terpengaruhnya etos kerja PNS dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi.

Hal tersebut ditendaskan Bupati Geredeg, SH dalam kesempatan memberi pengarahan pada apel kerja 1 Juni 2009 di Amlapura. Dikatakan, disiplin adalah tiang kinerja, manakala disipin aparatur pemerintah menurun maka pengaruhnya akan tampak pada out put kinerja, tidak terkontrolnya pegawai.

Dari kondisi demikian pengaruhnya akan terjadi pada pencapaian target visi misi yang tidak tepat sasaran serta pelaksanaan tupoksi yang bias, dengan indikator rendahnya pencapaian target kegiatan setiap triwulan. Untui itu Bupati geredeg mengharap PNS lebih loyal pada tugas bukan tergantung pada orang-per-orang sehingga kendati tidak ada pimpinan tetap mampu menjalankan tugas dengan disiplin yang baik.

Terkait mutasi yang baru dilakukan, ditandaskannya, selain memiliki tujuan untuk melengkapi kekosongan formasi yang ada didalam struktur birokrasi, juga ditujukan agar terjadi penyegaran dalam pelaksanaan tugas serta memberi ruang promosi terhadap staf yang memiliki kinerja positif dengan kelayakan dari sisi kepangkatan dan pendidikan yang memadai. Dengan demikian akan terjadi keseimbangan pertumbuhan dan regenerasi didalam struktural birokrasi.

Ia meminta kepada para pejabat yang menempati pos baru segera memacu kinerja, loyalitas serta disiplin untuk mengemban tugas yang telah digariskan didalam target dan sasaran unit kerjanya. Kepercayaan dan penghargaan yang diberikan hendaknya tidak disia-siakan sehingga kurang maksimal memberikan kontribusi bagi Pemerintah Kabupaten.

Dalam era otonomi daerah segenap perangkat aparatur pemerintah ditantang kemampuan dan kinerjanya untuk mampu berkarya dalam mengoptimalkan potensi memberdayakan pembangunan daerah guna meningkatkan kemajauan dan kesejahteraan masyarakat.(Karta W)

No comments: