30 April 2009

PEMKAB KECOLONGAN...??

Setelah Jatuh Korban Pemkab Gencarkan Sidak Galian C

RENDANG-Seakan menjadi hal yang lumrah..sudah kejadian baru antisifasi dan buru-buru mencari solusi .Kondisi demikian juga terjadi terhadap adanya Galian C Liar yang berujung menelan korban jiwa..Ironisnya pemkab malah berkelit mengaku tidak tahu ada Galian C di Kawasan Rendang tersebut. Lalu seberapa besarkah kepekaan Pemerintah yang notabena memiliki kaki tangan hingga ke akar rumput tersebut untuk mengetahui ada dan tidaknya Galian C Liar dikawasan yang dikenal dengan lumbung pasir tersebut ??? Jawabnya cukup simpan dalam hati..!!

Menyikapi maraknya galian liar alias illegal, Kabag Ekonomi Karangasem Nyoman Diana SE yang dilansir beberapa media mengaku tidak tahu sama sekali kalau ada galian C di Besakih Kawan.Artinya Ia membenarkan Galian tempat jatuhnya 2 korban itu tidak berijin

Menariknya dia mengaku sudah kordinasi dengan Camat Rendang tetap juga tidak diketahui keberadaan galian tersebut.
Berkembangnya isu adanya galian C liar tersebut, tim bagian Ekonomi Pemkab Karangasem memastikan menggelar sidak. Malahan kata Diana sidak akan dilakukan di semua galian C liar yang ada di Karangasem.

Diana sendiri membantah baru turun ketika ada musibah. Pihaknya mengklaim bersama dengan tim Yustisi sebenrnya sudah rutin turun ke lapangan baik sidak maupun melakukan pembinaan. Tapi Diana juga mengaku sulit untuk menertibkan Galian yang masuk kategori liar .
“Kita kerap melakukan pembinaan…namun kita kesulitan karena umumnya mereka yang melanggar ini kerap kucing kucingan,” akunya.

Dibagian lain itu Kabah Humas dan Protokol Pemkab Karangasem Made Sosiawan senada dengan Diana mengaku memang sulit untuk memantau galian liar yang sifatnya menual. Tapi pihaknya berharap dengan kejadian ini warga terutama para penambang agar berhati hati dalam melakukan penggalian.

Terkait dengan korban terkubur pasir,Sosiawan mengatakan kalau pemkab Karangasem melalui Dinas Sosial Karangasem telah datang ke rumah duka untuk memberikan santunan. “Dinas Sosial telah memberikan sumbangan Selimut dan Makanan buat keluarganya juga buat korban selamat,” ujar Sosiawan. Selain ke rumah duka, tim Dinas Sosial juga sempat mengunjungi TKP. Sementara kemarin tim Dis Sos Bali dengan didampingi dis Sos Karangasem kembali ke TKP dan rumah duka.(Karta W)

No comments: