13 October 2008

JEPANG BANTU PENGHIJAUAN DI DAYA,ABANG

ABANG-Kadis Hutbun I Made Mudita, SP Senin (13/10) di Amlapura mengatakan . Guna memproteksi kelestarian hutan dan keberadan sumber mata air di wilayah Munduk Kesian, Dusun Daya, Desa Ban yang merupakan satu kesatuan wilayah garapan penghijauan Gunung Abang dan Gunung Agung, bakal digarap dengan dengan mengarahakan penghijauan bantuan jepang dari Balai Penghijauan Daerah Aliran Sungai sekitar 150 HA.

Disebutkan. Program tersebut terkait dengan program Bali hijau yang dilaksanakan propinsi Bali bersama Pemkab-Pemkab lainnya untuk mempertahankan daya dukung kawasan sekaligus sebagai potensi pembangunan dan sumber kehidupan masyarakat, khususnya dari sisi ketersediaan sumber air maupun plasma nutfah yang penting bagi ekosistim flora dan fauna.

Sementara tentang potensi banyanknya sumber air di wilayah Ban, Daya yang kini hilang ,Mudita menyampaikan hal itu akibat faktor letusan Gunung Agung sebelumnya yang berdampak banyak sumber air yang pernah ada hilang.
“Sebenarnya salurannya itu masih ada tapi berada dibawah tanah. Yang lebih penting, masyarakat dapat memelihara keberadan hutan bersama pemerintah agar demi kelangsungan ketersediaan air di masa depan “ ujarnya seraya menyebut masa tanah akan dilakukan pada musim hujan mendatang .(KARTA W)

No comments: