25 August 2008

UNR BAHAS GEPENG DI KARANGASEM

Tidak hanya Pemkab Karangasem dan sejumlah Yayasan yang mau peduli untuk mengurusi permasalahan Gepeng yang masih ada di bumi Karangasem, khususnya asal Muntigunung dan Pedaan Kecamatan Kubu. Dalam suatu diskusi reuni Alumnus Universitas Ngurajh Rai Denpasar di Taman Sukasada Ujung (24/8), menggelar diskusi berthema penanaganan Gepeng di Kabupaten Karangasem.

Rektor UNR Prof. DR. Cokorde Gede Atmaja, SH, MH didampingu Dekan Fisipol UNR Drs. I Made Sumada, MM, M.si, mengatakan, menyikapi perkembangan pembangunan politik serta aplikasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, kini diperlukan sumbang fikir dari kalangan perguruan tinggi untuk kepentingan masyarakat.

Menyangkut proses pendidikan di Kabupaten Karangasem, Atmaja mengaku, siap membantu dengan melanjutkan menyelenggarakan proses pendidikan perguruan tinggi dari Univ. Ngurah Rai di Amlapura guna membantu peningkatan sumber daya manusia ke depan.
Menyangkut kemiskinan terutama gepeng yang masih ada di Karangasem, menurut Cok Atmaja, bahwa kemiskinan memang telah ada sejak zaman prasejarah, berkembang dalam struktur kekuasaan dietenagah masyarakat.

Sedangkan pada era perkembangannya, kemiskinan itu diakibatkan ketertinggalan dibidang pendidikan yang berakibat kebodohan masyarakat serta ketertinggalan dibidang ekonomi menyebabkan keterbelakangan dan kemiskinan. Menyangkut kondisi gepeng di Muntigunung, ditekankan, Pemkab tidak perlu melakukan pemetaan lagi dan berwacana terlalu lama namun lebih pada adanya aktion plan serta pendekatan holistik untuk melibatkan mereka dalam berbagai program pembangunan. Disamping memberi pelatihan-pelatihan juga disiapkan lapangan kerja dan dipayungi dengan landasan hukum yang jelas sehingga mereka bisa kembali pada aktifitas positif(W.034)

No comments: