03 July 2008

WABUP LANANG RAI SERAHKAN SARJANA SP3 UTK TERJUN KEDESA

AMLAPURA-Sejumlah 3 orang Sarjana PenggerakPembangunan (SP3) Kabupaten Karangasem,Kamis(3/7) diserahkan Wakil Bupati Karangasem Drs.Igst Lanang Rai kepada para Camat maupun Kades diwilayah kerja SP3 masing-masing. Ketiga Sarjana SP3 tersebut I Komang Gede Suantara ditempatkan di Desa Pesedahan Manggis, I Gusti Ayu Damayanti Dauh,S.TP ditempatkan di Desa Sengkidu dan I Wayan Budiasa, S.Pd ditempatkan di Desa Persiapan Antiga Kelod...

Menurut pendamping dari Dinas Pendidikan Bali AA Ngurah Sujaya, angkatan SP3 ke XIX tahun 2008, mereka yang diserahterimakan ini dikontrak selama 3 tahun mulai Juli 2008 sampai Juli 2011. Dengan tugas-tugas antara lain merencanakan pembangunan desa secara partisipatif berbasis sumber daya pedesaan, memotivasi desa menggali sumber daya pembangunan desa, menggerakkan swadaya masyarakat dan mendorong tumbuhnya wirausaha, industri, seni budaya , tehnologi dan spiritual.

Dalam acara serah terima SP3 yang dilangsungkan diruang pertemuan Bupati, Wabup Lanang Rai mengatakan, peran SP3 di pedesaan sangat diharapkan untuk dapat lebur dan berkiprah dalam pembangunan berbagai sektor di pedesaan. Disampaikan Saat ini pedesaan sudah merupakan basis utama pembangunan masyarakat, mengingat desa menjadi kunci kemajuan yang dicapai daerah. Untuk itu SP3 diharapkan Wabup SP3 siap menjadi relawan pembangunan tanpa banyak bergantung peda pemerintah, tetapi aktif menggerakkan potensi dilingkungannya sebagai sumber daya pembangunan.

Sementara kepada Diknas Karangasem diminta wabup Lanang Rai agar mengevaluasi dan melaporkan tingkat kemajuan dari aktifitas dilapangan terkait pemberdayaan SP3 ini. “Untuk bisa mengukur kinerja perlu dilakukan adanya evaluasi dengan harapan adanya gambaran riil akan tingkat keberhasilan dan kegagalan dari program ini .Untuk itu kepada Diknas karangasem selaku leading sector kita harapkan segera menyusun laporan “ Tandas Wabup seraya berjanji akan memperhatikan tingkat kesejahteraan para relawan untuk terjun ke desa-desa ini .(Karta W)

No comments: