03 July 2008

DISDIK GODOK PENERIMAAN SISWA BARU

AMLAPURA-Usai disibukkan ujian nasional dan pelulusan pihak Dinas Pendidikan Karangasem kembali disibukkan penerimaan siswa-siswi baru (PSB) tahun ajaran 2008-2009.

Kasi Disdik Ni Made Santikawati, S.Pd, M.Si, Kamis(3/7) mengatakan, kapasitas daya tampung SMA di Kabupaten Karangasem mencapai 3040 orang tersebar di sekolah negeri dan swasta dari 2558 siswa yang menyelesaikan pendidikan di bangku SMA. Sedangkan untuk tingkat SMP daya tampungnya mencapai 6400 orang dari 160 kelas dengan rata-rata 40 orang per kelas, dengan jumlah siswa yang menamatkan sekolah dasarnya mencapai 4.408 orang.

Santikawati merinci, dari daya tampung tingkat SMA baik negeri maupun swasta masing-masing terbagi untuk SMA I dan SMA 2 Amlapura, SMA I Selat dan Parisadha masing-masing 6 kelas, SMA 3 Amlapura, SMA I Rendang, SMA I Manggis, SMA I Sidemen, SMK I Abang, SMA Saraswati Amlapura, SMA Dharma Kirti Sengkidu, SMA Pariwisata Mahardika Datah, SMK Saraswati Amlapura dan SMK Widya Wisata Graha masing – masing sebanyak 4 kelas, SMA I Kubu, SMK I Manggis dan SMK Kerta Wisata masing-masing sebanyak 5 kelas, SMA PGRI sebanyak 8 kelas, SMA Jagadhita Bugbug, SMA Widya Waskita Wisata Amlapura masing-masing 3 kelas dan SMA Swastyastu Abang sebanyak 2 kelas. Seluruh jumlah rombongan belajar (kelas) sebanyak 95 kelas dengan asumsi masing kelas sebanyak 32 orang.

Sementara untuk tingkat SMP seluruh siswa-siswi yang menamatkan sekolahnya dan siap memasuki jenjang SMP berjumlah 4.408 orang dengan jumlah kelas mencapai 160kelas dengan rombongan belajar per kelas berjumlah 40 orang, kecuali sekolah berstandar nasional dipersyaratkan berjumlah 32 orang seperti di SMPN 2 Selat, SMPN 2 Rendang dan SMPN 2 Amlapura.

Sebagaimana diketahui kegagalan kelulusan siswa-siswi SMA di Karangasem tahun 2008 sebesar 5,26 % dan tingkat SMP kegagalannya mencapai 4,56 %. Untuk kegagalan tingkat SMP Karangasem dipicu oleh kegagalan di SMP 4 Bugbug yang mencapai 50% yakni 90 orang gagal dari 180 orang siswa yang menempuh UAN.

Terbatasnya daya tampung sekolah menengah di Karangasem untuk tingkat SMP dan SMA membuka peluang sekolah swasta dapat berpartisipasi maksimal dalam menampung siswa-siswi baru. Disamping itu, menurut Kasi Dikmen Dra. Santikawati lulusan Sekolah SMU dan SMP .(Karta W)

No comments: