03 July 2008

ANTISIFASI MASA TENANG PANWAS KARANGASEM RAPATKAN BARISAN

AMLAPURA-Menjelang diberlakukannya masa tenang dari seluruh aktifitas kampanye maupun atribut yang berhubungan dengan perhelatan politik Pilkada Bali yang ditetapkan pada 6-8 Juli mendatang .Panitia Pengawas(Panwas) Pilkada Karangasem ,Kamis(3/6) n menggelar rapat bersama jajaran Panwas Kecamatan se-Karangasem,dengan melibatkan para Tim Sukses ,KPU,Desk Pilkada serta instansi terkait.

Ketua Panwas Pilkada Karangasem ,Gde Baktiyasa menyampaikan pertemuan dengan kompenen yang terlibat langsung dalam proses penyelenggaraan Pilkada Bali di Karangasem itu ,mengacu pada hasil kesepakatan bersama di Pura Besakih pada 7 Juni lalu,yakni salah satu butirnya sepakat mematuhi segala aturan main dari pelaksanaan Pilkada itu.
Atas dasar itu pula kata Baktiyasa Panwas Pilkada Karangasem intinya ingin menegaskan kembali bahwa setelah seluruh rangkaian Kampanye dari masing-masing kandidat berakhir akan dilanjutkan dengan tahapan berikutnya sebelum hari H pencoblosan yakni memasuki masa tenang.

“Memasuki masa tenang nantinya yakni pada tanggal 6-8 Juli ini seluruh baliho ataupun atribut kampanye sudah harus bersih,demikian juga aktifitas yang mengarah pada penggalangan massa ataupun mobilitas yang berbau kampanye,sudah tidak diperbolehkan lagi sesuai dengan aturan “ Urai Baktiyasa.

Pada kesempatan tersebut ,Ia juga meminta kepada para Tim sukses yang sejauh ini di Karangasem cukup kooperatif agar bersama-sama mengamankan aturan main pilkada khususnya memasuki masa tenang ini.

”Sedapat mungkin informasi ini kembali ditegaskan kepada para kader maupun simpatisannya hingga kepelosok-pelosok untuk menyikapinya guna menghindarkan dari gesekan-gesekan yang bisa saja timbul akibat kurangnya informasi itu “ Harapnya.
Pada pertemuan itu selain hadir dari perwakilan Desk Pilkada,Dishub serta DLKHP Tim sukses masing-masing kandidat diantaranya Gst.Widjera dari tim sukses Winasa-Alit Putra dan Astawa mewakili Tim sukses Pastika Puspayoga hadir kecuali Tim sukses CBS hingga rapat berakhir tidak nampak hadir

Intinya para pihak-pihak terkait khususnya 2 Tim sukses sepakat mematuhi aturan yang ada termasuk membersihkan seluruh atribut kampanye memasuki masa tenang.hanya saja Tim sukses juga psimis jika hal itu bisa dilakukan secara serentak .Atas kondisi demikian Tim sukses juga memberikan kewenangan kepada pihak terkait baik unsure Panwas,Satpol maupun dinas terkait untuk mengambil langkah, dengan catatan semua dilakukan secara adil alias tidak tebang pilih.

Yang cukup menarik Astawa yang hadir mewakili tim sukses Pastika –Puspayoga pada kesempatan dialog juga menyemprit netralitas PNS,menurutnya di Karangasem ada indikasi kearah itu .”Kita berharap jajaran PNS di Karangasem tetap bersikap netral ,sejauh ini ada indikasi penggalangan PNS untuk suksesi kandidat tertentu “ Protesnya .
Sementara Panwas Pilkada lewat Baktiyasa menanggapi hal itu mengatakan pihaknya siap menindaklanjuti ataupun merekomendasikan apabila ada laporan baik secara lisan maupun tertulis dengan tentunya dilengkapi unsure-unsur pendukung seperti pelapor,yang dilaporkan ,bukti-bukti maupu kronologis kearah indikasi pelanggaran itu .
“Ada batas waktu seminggu untuk kesempatan melaporkan adanya indikasi pelanggaran itu ,apapun bentuknya jika kita sudah terima laporannya terlebih telah terpenuhinya unsure-unsur tadi tentunya kita akan tindaklanjuti “ Tandasnya (Karta W)

No comments: