21 July 2008

UKI BANTU PENGOBATAN GRATIS DI BEBANDEM

BEBANDEM-Demi mewujudkan tercapainya Program Indonesia Sehat 2010 Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta turut serta berpartisipasi melalui Kegiatan Lapangan Mandiri (LKM) yang dilaksanakan di Desa Jungutan Bebandem Karangasem Dimulai dari Senin(21/7) hingga Rabu(23/7) .

Ketua Panitia LKM dr. I Made Padma Puispita dalam laporannya mengatakan kegiatan ini disamping ikut berpartisipasi dalam program Indonesia sehat juga merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang mana peserta KLM ini merupakan dokter-dokter yang baru menyelesaikan kuliahnya di FK UKI..

Disampaikan kegiatan KLM ini disamping melaksanakan pengobatan gratis yang menyasar sekitar 400 pasien juga dilaksanakan Penyuluhan dan Pelatihan bagi para kader kesehatan di desa Jungutuan, pelatihan kesehatan bagi siswa SD, SMA 1 Bebandem, lomba balita sehat disertai demo membuat makanan tambahan kepada ibu-ibu dan disertai bazar murah berupa 200 paket sembako.

Selain di Desa Jungutan juga dilaksanakan KLM didua tempat berbeda yakni di Lapas Karangasem dan Sekretariat Daerah Kabupaten Karangasem.
Kegiatan KLM ini melibatkan 35 orang dokter, 4 orang dokter Ahli Kesehatan Masyarakat, 1 orang dokter Ahli Gizi dan 1 orang paramedis.

Koordinator KLM FK UKI Jakarta dr.Jerry M Lohhy, MKM mengatakan latar belakang kegiatan ini disamping berpartisipasi dalam program pemerintah juga dalam rangka menyiapkan dokter yang telah lulus untuk dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat juga untuk memberikan pengalaman kepada para dokter yang nantinya akan akan diterjunkan ke masyarakat.

Bupati Karangasem dalam sambutan tertulisnya pada acara pembukaan kegiatan yang dibacakan Asisten Ekonomi Pembangunan I Wayan Artha Dipa, SH, MH mengatakan dalam rangka mewujudkan amanat yang tertuang dalam undang-undang Pemkab Karangasem mempunyai visi di bidang kesehatan yakni terwujudnya Karangasem sehat 2010 menuju masyarakat Karangasem yang Jagadhita Ya Ca I Ti Darma yang mengandung arti bahwa gambaran masyarakat Kabupaten Karangasem dimasa mendatang memiliki lingkungan serta perilaku hidup bersih dan sehat, mampu menjangkaupelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata serta memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya berlandaskan ajaran-ajaran agama yang dianutnya.

Bupati berharap kepada masyarakat agar secara sungguh sungguh mengikuti segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh FK UKI dan kepada para dokter dari FK UKI diucapkan terima kasih atas nama seluruh masyarakat Karangasem dengan telah mengadakan kegiatan sosial ini.(Karta W)

No comments: