21 July 2008

2 SISWA BERPRESTASI MELAJU KETINGKAT NASIONAL

AMLAPURA-Dua orang siswa-siswi Kabupaten Karangasem kembali menorehkan prestasi level nasional, setelah sebelumnya juga melaju ketingkat nasional dalam hal Pidato Bahasa Inggris, kini 2 orang lagi pelajar tingkat SD atas nama I Made Enteg asal Pedahan (12) kelas 4 dari SD 2 Tianyar Kubu dan Ni Made Sutiani (14) Kelas IX SMP 3 Tianyar Barat.

Masing-masing menelorkan karya kreatif dibidang pendidikan Pembuatan Jukung dengan Katik Kelapa dan Penulisan Cerpen mengangkat the lokal Desa Tenganan Pagringsingan.
Menurut I Gede Basma, kegiatan aktifitas pendidikan yang terkait kurikulum menunjukkan aktifitas menonjol dan berhasil keluar sebagai juara pertama tingkat Propinsi yang kini mewakili ke tingkat nasional..

Lomba penulisan cerpen yang diangkat adalah thema Desa Adat Tenganan Pagringsingan. Untuk meningkatkan penguasaan skil anak-anak dibimbing oleh guru-guru pendamping. Menurut siswi Ni Made Sutiani yang menjuarai Lomba Cerpen mengaku, kisah khas asli Karangasem seperti sejarah Desa Tenganan perlu dilestarikan dan diperbaiki sehingga masih dapat ditemui anak cucu kelak.

Wakil Bupati Drs I Gusti Lanang Rai mengatakan, prestasi pendidikan yang banyak diraih Karangasem belakangan harus dapat terus didorong dan ditingkatkan dalam berbagai bidang karya-karya dan pendidikan. Dengan prestasi tersebut dapat mendorong motivasi anak/siswa-siswi untuk memahami proses pendidikan dengan baik dan mempengaruhi anak lainnya untuk dapat meneladaninya. Wabup minta agar Dinas Pendidikan memprogram pembinaan anak-siswa berprestasi melalui anggaran didalam APBD Kabupaten Karangasem, sehingga prestasi yang diraih dirasakan dihargai baik oleh pemerintah maupun masyarakat.(Karta W)

No comments: