23 July 2008

2 SISWA DAN GURU RAIH TIKET BELAJAR KE AUSTRALIA

AMLAPURA-Karangasem boleh saja tercatat mengantongi kegagalan siswa dalam UAN cukup tinggi tahun ini, namun dibalik itu prestasi pendidikan setingkat nasional dan internasional beruntun diraihnya. Setelah menjadi duta dalam Lomba Pidato nasional siswa-siswi Karangasem juga jago dibidang ketrampilan kurikulum pendidikan melaju ketingkat nasional. Kini juara pertukaran siswa se prop Bali dengan Pemerintah Australia Utara Karangasem kembali menggaetnya dengan menyisihkan pesaing-pesaing Kabupaten lain yang mengincar tiket ke Negeri Kangguru tersebut..

Kedua siswa itu adalah Putu Ardinata Kelas XI IPA I SMA Negeri I Amlapura dan Dewa Ayu Kristina Ratna Putri asal Banjar Kebon Sidemen yang masih tercatat sebagai siswa Kelas XI IPA I SMA Negeri I Sidemen. Sedangkan untuk Guru diraih oleh Bapak I Made Suastika, BA Guru Bahasa Inggris.

Menurut Kepala Sekolah SMAN I Amlapura Drs. I Gede Jabang ditemui kemarin bersama Kepala Sekolah SMA I Sidemen, Drs I Nyoman Suriti, M.Si mengatakan, keberhasilan siswa-siswi Karangasem merebut prestasi pertukaran siswa ke Australia dilalui dengan perjalanan yang cukup berat karena harus bersaing ketat dengan rekan antar siswa se Propinsi Bali.

“Kriteria penilaiannya juga sudah mengacu standart siswa Internasional selain menekankan pada kemampuan kecerdasan juga penguasaan bahasa dan tehnik berkomunikasi serta ketrampilan lainnya.” Terang Jabang. Bagi Karangasem lanjutnya ,ini merupakan pertukaran ke 4 antara Australia dan Karangasem.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg dalam kesempatan menerima duta Karangasem ini berpesan agar siswa-siswi dapat menimba pengalaman positif dari peradaban budaya dan kemajuan pengetahuan di Australia untuk dijadikan bekal jika kembali kelak.
“Perbedaan alam dan kultur jangan dijadikan halangan untuk berinteraksi dengan masyarakat setempat, terpenting dapat dikenali apa dan bagaimana kebiasaan warga setempat yang bertentangan dan tidak lazim.” Pesannya.

“Pengalaman belajar di luar negeri adalah bagian penting catatan perjalanan kehidupan seseorang yang tidak bias dilupakan. Bersyukurlah dapat menjadi wakil pemerintah Propinsi Bali dan Indonesia umumnya serta menjaga nama baik, citra serta memperkenalkan budaya Indonesia di luar negeri.” Imbuhnya

Sementara itu diinformasikan untuk aktifitas pendidikan lain Karangasem juga tengah mempersiapkan perwakilan ke Lomba Olimpiade Saint Kesiswaan Bidang Kebumian dengan duta I Wayan Punia Raharja Kelas XI IPA SMA I Sibetan Bebandem yang akan berlaga Agustus mendatang Tingkat Nasional di Makasar.(Karta W))

1 comment:

Diana Ekayani said...

Punia raharja itu dr SMA N 1 AMLAPURA.