10 June 2008

PEMKAB SEBAR BIBIT IKAN DAN LEPAS RATUSAN BURUNG

AMLAPURA(Media Karangasem)
Menyambut hari Lingkungan Hidup, Pemkab Karangasem akan memeriahkannya dengan melakukan penebaran bibit ikan Nila dan Karper serta pelepasan 100 ekor burung Tekukur, Kutilang dan Crukcuk pada Jumat (13/6) mendatang. Pelaksanaan ini akan disinkrunkan dengan upaya mengurangi efek gas buang kendaraan dengan ke Kantor tanpa kendaraan...

Sebagaimana diinformasikan ,Kadis Peternakan Kelautan dan Perikanan Karangasem Ir. I Nengah Manta Eka Yudha Selasa(10/6), lokasi penebaran dan pelepasan benih difokuskan pada Desa Pakraman yang memiliki landasan awig-awig pelarangan penangkapan ikan dengan racun maupun strum serta menembak satwa burung.

Kadis LHKP Drs I Made Bagiada, MM menjelaskan, masalah lingkungan hidup, tidak cukup hanya dipelopori elemen pemerintah, melainkan diharapkan seluruh lapisan masyarakat.

“Sekecil apapun, sudah merupakan kontribusi besar jika semua masyarakat lelakukannya,terutama dibidang penyelamatan satwa dan berbagai jenis ikan, sesungguhnya merupakan rantai kehidupan, Jika satu titik rantai terputus, niscaya ancaman bahaya bagi manusia akan terjadi,demikian pula terhadap upaya pengurangan gas buang’’Ujarnya.

Sementara itu, Bupati Karangasem I Wayan Geredeg menekankan, lingkungan hidup sama pentingnya dengan masalah pembangunan lainnya. Tanpa daya dukung lingkungan maka pembangunan manusia tidak akan berarti, karena ancaman akibat merosotnya kualitas lingkungan kan berdampak negatif pada manusia juga.

Untuk itu diharapkan bupati siapa dan dimanapun, kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan harus senantiasa muncul, bahkan diharapkan menjadi pendorong dan pengabdi lingkungan melalui berbagai cara.(Karta W)

No comments: