23 June 2008

PEMKAB KARANGASEM BIDIK PELUANG KERJA KE LUAR NEGERI

AMLAPURA-Guna meneguhkan komitmen penyediaan lapangan kerja khususnya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Luar Negeri baik Kapal Pesiar maupun di Darat, Pemkab Karangasem melanjutkan kerjasama dengan Agen Pengerah Tenaga Kerja PT. Bali Paradise, yang dituangkan ke dalam MOU.

Kadis TKPM Drs. I Gusti Ngurah Suwetha, M.Si ,Senin(23/6) di Amlapura mengatakan, selain untuk mengatasi penyediaan lapangan kerja di luar negeri, kerjasama Diklat dengan salah satu pengerah tenaga kerja khususnya Kapal Pesiar diarahkan untuk memperoleh kepercayan dan daya saing TKI Karangasem diluar negeri..

Disisi lain juga memiliki kepentingan untuk memanfaatkan peluang kerja di luar negeri, sekaligus memperoleh keuntungan devisa, yang dapat memberikan pemasukan arus keuangan dari luar ke dalam negeri.
Dikatakan, meskipun kesempatan ini terbatas, namun dengan kuota 1000 orang, secara perlahan tetapi pasti bisa dikirimkan langsung tenaga kerja bekerja di luar negeri. Hal ini selain langsung mempengaruhi taraf kesejahteraan masyarakat, juga memiliki efek multiplayer yang cukup besar.

Lebih lanjut diuraikan Suwetha, tahun 2008 Pemkab Karangasem melalui Dinas TKPM melakukan tahap kerjasama perdana dengan membiayai penuh pelaksanaan Pendidikan dan Latihan (Diklat), sementara seleksi calon peserta dilakukan sepenuhnya oleh agen dengan kreteria standart Internasional.

Ia juga memastikan Pemerintah serius menangani kerjasama TKI ke Luar Negeri,dengan pihak ketiga seperti kerjasama untuk pengiriman TKI ke Jepang (Antar Kerja Antar Negara) maupun Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) dengan sejumlah Pemkab-Pemkot-Pemprop di Indonesia.

Dinas TKPM sendiri disampaikan Suwetha,disamping menggencarkan pelaksanaan penyiapan tenaga kerja melalui berbagai skill dan ketrampilan baik statis di Dinas TKPM maupun bersifat mobile /bekerjasama dengan Camat maupun Kantor Desa menyasar kelompok-kelompok ketrampilan.

”Semua upaya itu dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan tenaga kerja sebagai wujud penyiapan skill tenaga kerja yang akan terjun ke dunia kerja.” Tandasnya.(Karta.W)

No comments: