03 June 2008

KARANGASEM BUDIDAYAKAN "NYUH GADING"

KARANGASEM(Media Karangasem)-Kelapa genjah atau yang biasa disebut Nyuh Gading yang banyak diperlukan warga masyarakat Bali untuk berbagai keperluan upacara adat,menjadi perhatian Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Karangasem.Melalui bagian yang membidangi Perkebunan,Dishutbun Karangasem berencana melestarikan Nyuh Gading yang dimulai dengan penanaman sekitar 500 bibit di jalan tembus yang menghubungkan Padangkerta-Kecicang...

Hal itu dibenarkan kasi Pengembangan Bidang Perkebunan pada Dinas Kehutanan dan Perkebunaan Kabupaten Karangasem Ir. Gede Putra Jaya, disebutkannya Dishutbun sejak tahun 2007 telah melakukan pembibitan dengan jumlah mencapai 700 pohon ,selain akan ditanam di jalan tembus Padangkerta-Kecicang ,sisanya akan ditanam di Desa Amerta Buana, Kecamatan Selat.Dan akan secara bertahap dosebarkan kedaerah-daerah lain
“Untuk tahun ini kita sedang mengusulkan sekitar 5000 bibit untuk disebarkan kedesa-desa mudah-mudahan hal ini bisa terealisasi “ Ujarnya .

Pembudidayaan Nyuh Gading masih menurut Putra Jaya di Karangasem sudah dilakukan sejak 2002 lalu. Dimana system yang diterapkan mengacu pada permintaan masyarakat .Dicontohkannya pada penanaman yang dilakukan di Desa Gegelang Manggis .
“Pembudidayaan Nyuh Gading selain bermanfaat bagi masyarakat sebagai pelengkap upacara adat juga menciptakan kesan asri disepanjang jalur yang ditanami dan tidak terlalu membahayakan lantaran pertumbuhannya tidak seperti kelapa pada umumnya “ Tandasnya.(Karta W)

No comments: