13 May 2008

PEMKOT BATAM-KARANGASEM JAJAGI KERJASAMA DIBIDANG NAKER

AMLAPURA(Media Karangasem)
Pemkot Batam melirik potensi kerjasama dengan pemkab Karangasem dalam rangka merintis optimalisasi pemberdayaan tenaga kerja. Batam yang dikenal sebagai gudang peluang kerja, justru kewalahan tenaga kerja. Sementara Karangasem justru sebaliknya masih banyak memerlukan lapangan kerja dari pertumbuhan angkatan nkerja yang cukup tinggi setiap tahun.

Guna memastikan rintisan tersebut Wakil Bupati Drs I Gusti Lanang Rai disertai Kadis TKPM bersama staf, para Camat dan Ka. Bag. Humas dan Protokol Setdakab. Karangasem, melakukan ceking langsung ke Batam untuk mengetahui pola kebijakan Pemkot Batam menyangkut perlakuan angkatan kerja pendatang, hak kewajiban pekerja serta sikon lapangan tempat tenaga kerja hendak dipekerjakan..

Rombongan di Batam di terima Kadis Naker Kodya Batam bersama Instansi terkait didampingi meninjau sejumlah lokasi kerja di sektor Peternakan, Kawasan Industri dan Aneka Pabrikasi dibidang Elektronik dsb.

Ka.Bag Humas dan Protokol I Komang Agus Sukasena, SIP mengatakan, peninjauan langsung ke Batam selain hendak mengetahui situasi langsung di lapanngan juga ingin melihat kebijakan Pemkot setempat serta Pengusaha penampung tenaga kerja dalam memperlakukan tenega kerja.

Untuk bidang pekerjaan yang menyediakan waktu lembur, disebutkan Sukasena, pekerja memang diimingi memperoleh upah berkisar 1.500.000 hingga 4.000.000, sedangkan bagi pabrik yang volume pekerjaannya tidak terlalu banyak hanya memberi upay kerja sesuai formal UMP berkisar 900.000 per bulan.

“Untuk itu pihak Pemkab Karangasem akan mengkaji dan mensosialisasikan kepada` masyarakat, jika ada yang berminat tentunya akan difasilitasi. Sedangkan hak dan kewajiban pekerja selain memperoleh upah, juga ada income tambahan seperti lembur, perumahan/pemondokan, dana kesehatan dan dalam bentuk THR lainnya sesuai kemampuan pengusaha. Sementara untuk rencana keberangkatan diupayakan dapat ditanggung bersama antara Perusahaan dan Pemkab pengirim” Terang Sukasena,Selasa(13/5)

Kadis TKPM DRs I Gusti Ngurah Swetha, Msi yang ikut serta dalam Kunker tersebut mengatakan, untuk menanggulangi pengangguran Pemkab Karangasem melalui Dinas TKPM terus berupaya untuk mendorong penyediaan lapangan kerja, memfasilitasi tenaga kerja serta melakukan pendidikan dan latihan bagi tenaga kerja, sebagai wujud komitmen menciptakan peluang kerja dalam pembangunan.

“Kerja sama yang dirintis dengan Pemkot Batam perlu dilirik mengingat dilokasi Batam merupakan kawasan industri besar setaraf Asia Tenggara sehingga membutuhkan tenaga kerja cukup banyak. Karangasem sejauh ini, selain mengkondisikan pengiriman tenaga kerja ke Kapal Pesiar Luar Negeri, juga pengiriman tenaga kerja ke Jepang, merintis ke Batam dan peluang kerja di daerah sendiri baik melalui program Padat Karya maupun melalui pelatihan BLK yang dikendalikan Dinas TKPM. “ Terangnya. (Karta W)

No comments: