13 May 2008

LAYANAN PUBLIK KARANGASEM DINILAI TIM PROPINSI

AMLAPURA(Media Karangasem)
Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kabupaten Karangasem yang diwakili RSUD Karangasem dinilai Tim Propinsi dipimpin I Ketut Sukadana, SH dari Biro Organisasi Pemprop Bali. Senin(12/5)

Ketua Tim Sukadana, SH mengatakan, memenuhi tuntutan masyarakat agar aparatur memberikan pelayanan profesional, produktif, transparan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme diperlukan langkah terobosan meningkatkan kualitas pelayanan..

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg mengatakan, pelayanan publik memiliki makna strategis karena menentukan baik-buruknya pelayanan pada masyarakat serta menentukan citra aparatur pelayanan itu sendiri.
“Kelengkapan sarana yang ada di RSUD Karangasem tidak akan ada artinya, jika tidak diikuti oleh menejemen dan pembinaan secara konsisten serta prilaku dan sikap yang kondusif dari sumber daya yang ada.” Ujarnya.

Direktur RSUD Karangasem dr. I Gusti Made Tirtayana, MM melaporkan, RSUD Karangasem ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Kabupaten Karangasem dengan jumlah penduduk 397.334 jiwa dengan pendapatan perkapita sejumlah 3,9 juta rupiah sesuai harga berlaku serta penduduk miskin sejumlah 156.916 orang. Secara umum kemampuan membiayai kesehatan dari masyarakat masih relatif rendah.

Disebutkannya,untuk meningkatkan pelayanan di RSUD Karangasem diselenggarakan sejumlah fasilitas yang diperlukan antara alain : Incinerator, Instalasi Pengolah Limbah, Mesin Penghancur Jarum Suntik dan Infus , Sarana Loundry, Pemanas Air, Kulkas Mayat, Sentral Steril, Oksigen Generator dan Perbaikan Atap Selasar. SDM RUUD Karangasem meliputi Dokter Umum 23, Dokter Spesialis 7 orang, Dokter Gigi 3, SKM 6 orang, Apoteker 1 orang, Perawat 104 orang, Bidan 24 orang, Ahli Gizi 5 orang, Pembantu Ahli Gizi 3 orang, Analis 3 orang, Apoteker 5 orang, Sanitarian 7orang, Teknisi 7 orang, Sopir 6 orang, Administrasi 70 orang, Clening Service 20 orang, Satpam 15 orang, Juru Masak 10 orang, total berjumlah 319 orang.

Saat ini, lanjut Tirtayana,RSUD Karangasem memberikan pelayanan 16 jenis pelayanan dengan 9 program inovasi. Rata-rata kunjungan per bulan 3668, rata-rata perhari 121 orang, kunjungan pasien maskin 43 %, pasien Askes 21 % dan pasien Umum 36 %. Prestasi yang pernah diraih Peringkat III RS Gerakan Sayang Ibu dan Bayi tahun 2005 tingkat Propinsi, Peringkat III Lomba yang sama tahun 2006, Peringkat I Lomba yang sama tk Propinsi dari Meneg pemberdayaan Perempuan tahun 2007 dan Sertifikat akreditasi penuh tingkat lanjut 12 standar tahun 2007.(Karta W)

No comments: