26 May 2008

GAPOKTAN JADI INCARAN SUBAK

KARANGASEM-(Media Karangasem)
Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) kini menjadi primadona, diincar untuk menjadi calon penerima bantuan program PUAP ( Program Usaha Agrobisnis Perdesaan), menyusul Karangasen memperoleh bantuan program senilai 2 milyard rupiah. Seperti dijelaskan Subratayasa Kadis Pertanian Karangasem Kemarin di Amlapura...

8 (delapan) Gapoktan di semua Kecamatan terdiri dari Subak dan kelompok - kelompok lainnya termasuk subak lahan perkebunan. Jumlah kelompok tani / subak di Kabupaten Karangasem mencapai 140 kelompok. Untuk pengkondisian program sedang dimatangkan kelompok Gapoktan ditiap Kecamatan agar bantuannya bisa tepat sasaran.

Sesuai kriteria desa lokasi PUAP sudah termasuk daftar desa penerima di Departemen Pertanian melalui pengusulan sebelumnya, potensial, dan mampu melanjutkan program, merupakan desa miskin berbasis pertanian, memiliki kelompok dengan pengurus aktif serta pertimbangan tehnis lain oleh Dinas Pertanian Kabupaten.

Melalui program PUAP petani, peternak dan kelompok hutbun diharapkan bisa lebih berdaya dalam mengembangkan usaha agrobisnis di pedesaan sehingga secara otomatis dapat meningkatkan pendapatan dan tingkat kesejahteraannya.

Sementara itu sejumlah Kelian Subak yang dihubungi menyambut positif adanya program PUAP yang menyasar dan hendak membantu petani melalui kelompok yang ada. Mengingat pemanfaatan pendanaannya diarahkan pada usaha agrobisnis diminta petugas pendamping memberi pembinaan secukupnya agar bantuan tidak meleset dari peruntukannya.

Pengurus KTNA Kabupaten Karangasem I Wayan Mangku Widia, ditemui Senin(26/5) mengharapkan dalam pemberdayaan kelompok tani termasuk bidang Perkebunan dan Kehutanan, bisa diarahkan lebih adil namun selektif. Bagi kelompok yang kurang memadai dan tidak memenuhi syarat agar tidak dipaksakan(Karta)

2 comments:

Teacher Creative Corner said...

SAYA HERAN DENGAN DINAS PERTANIAN KAB. KARANGASEM, MENGAPA GAPOKTAN TIDAK MENGADOPSI KELOMPOK TANI YANG SUDAH ADA ? KOK JUSTRU MEMBUAT KELOMPOK DADAKAN ? LALU APA ARTINYA PEMDA MENYURUH PETANI BUAT KELOMPOK ? APAKAH KELOMPOK DADAKAN ITU MENJAMIN TERCAPAINYA PROGRAM PUAP ? SAYA TERUS TERANG AKAN PRNTES TERUS KALAU CARA PEMAKSAAN KEHENDAK SEPERTI INI DI LEGALKAN. HAI PARA PEMERHATI PERTANIAN DAN PEMBERDAYAAN PETANI, BUKA MATA APAKAH INI SUATU TINDAKAN BENAR ? KALAU TIDAK MARU LURUSKAN PERMASALAHAN AGAR JANGAN MENJADI MASALAH YANG PELIK BARU KITA BERTINDAK. PUTRA, www.iwayanputra.wordpress.com. email : ragaputrasejati@yahoo.com

Anonymous said...

HA BETUL ITU, SETUJU, MAJU TERUS . TENTANG KETIDAK ADILAN