03 April 2008

LONGSOR DIBESAKIH TELAN KORBAN TEWAS

RENDANG(Media Karangasem) -Hujan deras yang menguyur Karangasem dan sekitarnya memasuki bulan April ini telah menelan korban tewas akibat tertimbun tanah longsor,petaka itu terjadi pada Selasa(2/4) disekitar kawasan Besakih,Rendang Karangasem dan korban baru berhasil dievakuasi pada Rabu(3/4)

Informasi yang dihimpun media ini ,korban I Wayan Suparta(18).asal dusun Angsoka,Besakih, Rendang,Ia tertimbun tebing saat baru pulang dari melakukan aktivitas sebagai buruh
Korban saat kejadian sedang mengendarai sepeda motor Grand,dijalan setapak dan menanjak pada saat bersamaan hujan sedang deras-derasnya mengguyur .Tak disangka tebing setinggi lebih dari 20 meter disebelah kiri jalanan tadi ambrol.

Awalnya korban sempat berusaha menghindar ,namun apesnya motor korban justru terjatuh akibatnya Ia tidak bisa mengelak,longsoran tanah yang digerus air menimpa korban berikut motornya...

Selang beberapa saat, saksi Ni Nengah Tantri(50) juga lewat di TKP,saksi yang melihat korban sempat berusaha menolongnya dengan cara menariknya menjauhi longsoran ,namun apes bagi korban luberan longsor kedua kembali menimbunnya ,untuk kali ini kondisinya lebih parah dan mengubur korban saat sedang tergeletak tak berdaya ,malahan longsoran juga ikut menimbun saksi ,akibatnya karena hari sudah malam, hari itu korban tidak berhasil ditemukan ,beruntungnya saksi berhasil ditolong oleh warga sekitar yang malam itu mulai berdatangan ke TKP, Ia hanya mengalami luka lecat di punggung dan lutut serta sesak pada bagian dada dan terpaksa harus dirujuk ke RS Kelungkung.

Warga,bersama dengan petugas baru bisa mengevakuasi korban dari timbunan longsor ,Rabu(3/4) Pagi sekitar pukul 09.00 wita. Sementara sepeda motor korban Honda Grand DK 2707 SD miliknya korban ditemukan di dalam jurang dalam kondisi rusak parah.

Saat ditemukan jasad korban terkubur di dasar jurang. Dengan kondisi yang teramat mengenaskan. Hampir sekujur tubuhnya mengalami luka lebam dan patah pada kaki kananya.Setelah dibawa kerumah duka ,korban sekitar pukul 15.00 langsung dikubur disetra adat setempat

Sejauah ini dilintasan Besakih diperkirakan terdapat beberapa titik rawan longsor terutama pada musim hujan termasuk diantaranya adalah di Angsoka, Dusun Kunyit, Dusun Batu Madeg dan juga Dusun Kedungdung.dan kawasan sekitarnya (Karta)

No comments: