26 March 2008

PEMEDEK ANTUSIAS TANGKIL KE BESAKIH

RENDANG(Media karangasem)-Puncak wali Bhetara turun kabeh di Pura Besakih Karangasem telah digelar bersamaan hari purnama kedasa yang jatuh pada 21 Maret lalu .Wali yang berlangsung seminggu itu ,hingga Minggu(23/3) Nampak tetap dipadati para umat kendati sejak puncak wali cuaca gerimis dan hujan tetap mengguyur namun tidak menyurutkan umat hindu se-Bali untuk medek tangkil ke Pura terbesar yang berdiri dikaki Gunung Agung....

Wali terbesar yang digelar setiap sethun sekali itu ,diawali dengan serangkaian tahapan prosesi diantaranya ,nedunang Ida Bhetara pada Selasa,(18/3) lalu,berikutnya eedan Pujawali yang digelar sehari setelahnya(19/3) dengan rangkaian ngiring Ida Bhetara melasti ke pura pasucian di Tegal Suci, Besakih. Setelah puncak wali pada (21/3) Selanjutnya katuran nyejer (Berlangsung) selama 1 minggu.
Informasi dari panirtia Wali Besakih menyebutkan ,Upacara Bhetara Turun Kabeh dimaksudkan secara serentak digelarnya odalan terhadap semua pura-pura yang ada di komplek pura besakih yang dipusatkan di Pura Penataran Agung ,para pemedek selain menuju pura penataran agung juga melakukan persembahyangan di Pedharman masing-masing yakni Pura yang dipercaya sebagai cikal-bakal dari keberadaan para leluhur-leluhur mereka. Selain pemedek dalam pantauan media ini ,Besakih yang sudah tersohor ke manca Negara itu juga tetap ramai dikunjungi wisatawan baik local maupun asing untuk menyaksikan keindahan dan keagungan Pura yang berdiri pada abad ke -13 itu. (Karta)

No comments: