27 February 2008

Berita Minggu Ke-3 Feb.2008

Rotary Club Bantu 32 Cubang Di Ban,Kubu.....
Menuding bisa ngeleak(Ilmu Hitam),Kadus Karangsari Di polisikan....
Kantor Camat Bebandem diresmikan...
Air pasang ngantam Seraya Tengah....
Terpeleset pengendara motor tewas ditempat...
Terobos jalan Subur ditebas sabit....
Pol PP Sidak Galian C....
Thun 2008 ini Karangasem miliki gedung pemuda...
Dua Kapal Pesiar Eropa mendarat di Padangbay..,.
Abang harapkan peningkatan bantuan untuk desa adat....
Terungkap mencuri ayam, Jujur di Polisikan....
Pengecer Togel di Sidemen dibekuk...
Sambut Valentine, BMI Karangasem tebar mawar....
Forum Lintas Agama Bahas kerawanan ogoh-ogoh....



Rotari Club Bantu 32 Cubang di Ban, Kubu Karangasem

KUBU - Peduli atas kekeringan yang melanda Desa Ban Kecamatan Kubu Rotary Club Perwakilan Bali menyerahkan bantuan 32 Cubang pada Sabtu(23/2) Lalu disaksikan Bupati Karangasem I Wayan Geredeg serta Gubernur Bali diwakili Asisten Tata Praja Setda Propinsi Bali I Gede Putu Wardana, SH, MM
Presiden Rotary Club Ni Made Nilawati mengatakan, atas prakarsa kelompok masyarakat Giri Mampeh Desa Ban para calon sponsor yang tergabung dalam Rotary Club memutuskan layak dibantu, dengan memaksimalkan pemanfaatan sumber air Mampeh, Pangseg dan Pancoran saat ini dinikmati 7 Dusun dengan jalur instalasi pipa sepanjang 27,8 Km. Karena antusiasme warga proyek pembangnan cubang berikut captering perpipaannya dilaksanakan tanpa mengeluarkan beban ongkos, dengan ukuran cubing 4X3X2,5 meter.
Dalam kesempatan tersebut Rotary Club Bali Taman juga menyerahkan bibit penghijauan 1000 pohon jati Belanda, untuk ditanam pada lahan masyarakat setempat. Adapun sponsor Rotary Club yang tergabung sebagai donor antara lain : Bali Niti Mandala, D3600 Korea, RC Nam Yong Ju Jungeon, RC Yoju Myong Sung, RC. Soul Ardeo, RC. Soul Novo, RC Soul Dae AMP, RC. Soul Gong Nam , D 2500 Japan , RC, SouthBank, D 9800,

Cubang bantuan Rotary Club berkapasitas 30 m3 untuk kepentingan makan dan minum bagi warga Desa Ban dan sekitarnya dilayani oleh 29 cubang masing-masing Dusun Ban 3 buah, Manikaji 9 buah, Panek 2 cubang, Cut-cut 2 cubang, Dlundung 2 buah, Sunti 1 buah, Dukuh 1 buah, Belong 1 buah, Temakung 1 buah, Bonyoh 1 buah, Tongtongan 1 buah. Secara keseluruhan Cubang di Desa Ban dibangun tahun 2008 sebanyak 21 cubang, tahun 2006-2007 sejumlah 11 cubang.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg mengatakan kepedulian Rotary Club merasakan penderitaan warga Karangasem khususnya di Desa Ban, sangat tepat dengan situasi tantangan yang dihadapi. Sebelum proyek ini berjalan Pemkab Karangasem melalui Dinas PU telah melakukan persiapan pengecekan sumber-sumber air ayang ada, sehingga jika bantuan positif diberikan, lokasi sudah siap. Disarankan agar warga Ban dapat melakukan upacara Mapag Toya sebagai wujud rasa syukur atas berkah limpahan keberhasilan memperoleh air bersih.(KARTA)


Menuding Bisa Ngeleak ,Kadus Karangasari di Polisikan


KUBU-Kasus unik berlatar belakang keyakinan terjadi didusun Karangasari,desa Sukadana, Kubu. Kadus setempat , I Nyoman Suparsa (45) dilaporkan oleh salah seorang warganya, Ni Nengah Manis(44) karena merasa dituduh memiliki ilmu hitam atau yang umum dikenal oleh masyarakat bali dengan ilmu Pengeleakan(Black Magic –red) Perisitwa ini terjadi pada Jumat malam lalu sekitar pukul 20.00 wita.

Informasi dilapangan, tudingan bisa ngeleak terhadap Manis diawali pada saat suami korban Gde Bendesa (46) sedang menggelar rapat keluarga di rumah sang Kadus. Inti rapat tersebut sesungguhnya membahas masalah pemagaran tanah perkebunan dilingkungan dusunnya . Namun pembicaraan sepertinya berkembang hingga kehal-hal diluar topik pembahasan .Dalam kesempatan itu tiba-tiba Kadus Suparsa menyikapi tentang keluhan sakit dari Gde Bendesa nyeletup mengatakan untuk menyelamatkan nyawa Pak Bendesa ,menurut kadus sebaiknya istrinya,Ni Nengah Manis di ceraikan saja.

Alasan menceraikan itu menurut kadus Suparsa karena wanita itu ditudingnya bisa ngeleak (Menguasai ilmu hitam) .Tudingan kadus demikian membuat pembicaraan memanas antara Bendesa dengan Kadus. Bendesa ditengah-tengah penasarannya saat itu sempat bertanya apakah dengan cara demikian yang dianggap sebagai solusi .

Tudingan Kadus demikian akhirnya sampai juga ketelinga Manis ,hal ini membuatnya berang dan tidak bisa terima begitu saja .terlebih menurutnya tudingan demikian kurang didukung bukti-bukti yang menguatkan .Iapun akhirnya menempuh jalur hukum dengan melaporkan Kadus Suparsa ke Mapolsek Kubu .

Pahumas Polres Karangasem, Kompol I Wayan Soerdjana saat dikonfirmasi,seijin Kapolres Karangasem AKBP Istiyono membenarkan adanya laporan Manis atas tudingan bisa ngeleak ,menurut Pahumas ,kasus tersebut termasuk perbuatan tidak menyenangkan ,disampaikannya sementara ini laporan itu masih didalami petugas (Karta)


Kantor Camat Bebandem Diresmikan Dirjan Bangda


BEBANDE,-salah satu kecamatan di Karangasem,kini memiliki gedung kantor Camat yang terbilang cukup mewah ,hal ini terlihat dari biaya pembangunan nya mencapai Rp.1 Milayar .Menariknya selain pengerjaan penyelesaian pembangunan terbilang cepat hanya dengan waktu 35 Hari ,persemiannyapun tergolong istimewa yakni dengan hadirnya Dirjan Bangda, H Syamsul Arif,pada Jumat lalu, malah sebelumnya peresmian itu direncanakan dihadiri langsung oleh mendagri ,namun karena suatu kepentingan Menteri memerintahkan Dirjen Bangda guna menghadiri peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita itu .

Kantor Camat yang berdiri megah itu ,diinformasikan Kabag Humas Dan Protokol Sekdakab Karangasem, Komang Agus Sukasena berdiri diatas tlahan seluas 400 m persegi dengan menelan dana pembangunan sebesar Rp 968 juta. Ia juga membenarkan waktu pembangunannya ditempuh relative singkat yakni selama 35 hari terhitung sejak sejak 18 nopember sampai 17 Desember 2008 .Bagunan berlantai dua dengan tiang beton bertulang tersebut disebutkan digarap oleh CV Darma Anom.

Sementara Kabag Tapem Nengah Suartika menginformasikan pembagunan kantor Camat Bebandem itu telah sesuai dengan target. Pun juga dari segi kwalitas bagunan menurutnya sudah sesuai dengan standar .” Untuk menyelesaiakan dalam waktu cepat itu pihak kontraktor memang kerap kali harus meminta lembur kepada pekerjaannya namun demikian tidaklah mengurangi dari segi kwalitas pekerjaannya “ Ujar Suartika memastikan.

Bupati Karangasem, I Wayan Geredeg terkait kantor baru yang dimiliki Camat Bebandem itu mengatakan Camat butuh kantor yang nyaman serta fasilitas yang memadai. Hal demikian dirasa penting mengingat tugas dan tanggung jawab yang diemban ditingkat kecamatan dari waktu kewaktu mengalami peningkatan “Belakangan ini ada 30 tugas Bupati telah di delegasikan ke Camat. Sehingga dengan adanya pembangunan gedung serta penambahan sarana dan prasarana yang memadai ,hal ini diharapkan bisa memacu peningkatan kinerja dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat “ Tandas Geredeg. (Karta)


Air Pasang Hantam Seraya Tengah


SERAYA- Gelombang pasang air laut setinggi 5 meter menghantam sebuah bangunan rumah warga di Banjar Yeh Kali, Desa Seraya Tengah, Karangasem.
Ketua Kelompok Nelayan Mina Usaha Pantai Raharja I Komang Merta menginformasikan, gelombang tinggi datang dengan tiba-tiba pada Rabu(20/2) malam sekitar pukul 23.00 Wita.

“Sebelum kejadian itu sejumlah nelayan sempat memindahkan jukung miliknya ,namun disela-sela aktivitas itu gelombang pasang menghantam rumah warga I Ketut Pager berserta satu buah jukung dari 40 jukung yang ditambatkan di lokasi. Termasuk jukung yang rusak berat oleh terjangan gelombang pasang tesebut milik I Wayan Mundri.” Terang Merta

Atas informasi itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Perlidunngan Masyarakat pada Kamis(21/2) melakukan pengecekan langsung ke lapangan. Dipimpin Kabid Linmas Drs. I Made Wirawan. Terdata rumah seluas 3 X 5 meter milik I Ketut Pager rusak berat.

Dindingnya yang terbuat dari batu bata jebol hanya menyisakan pondasi Sedangkan tiang penyangga atap dari kayu masih utuh, sementara atap yang terbuat dari asbes habis berterbangan, hanya tersisa kerangka kapnya saja. Sedangkan jukung yang hancur, milik I Wayan Mundri terpecah-pecah dan terpotongan katirnya. Kerugian total diperkirakan mencapai Rp 6,5 juta

Menurut korban, I Ketut Pager, pada saat kejadian dia dan tiga orang anak bersama istrinya tidur di gudang pemindangan karena telah memprediksi cuaca buruk akhir-akhir ini ,keluarga ini merasa was-was tinggal dirumahnya yang berjarak hanya 25 meter dari bibir pantai.

Pager mengakui rumah yang rusak tersebut memang tempat tinggal Pager beserta keluarganya khususnya di siang hari, sementara pada malamnya melihat cuaca buruk mereka ngungsi ke gudang pemindangan. Pada saat rumahnya tengah kosong itulah dihantam gelombang yang kini hanya tersisa puing-puing bangunan saja. (Karta)


Terpeleset Pengendara Motor Tewas Ditempat


SELAT-Naas nasib yang dialami seorang pelajar yang mengendarai sepeda motor,I Kadek Muliana(17) asal Dusun Ancut desa Sebudi, Selat Karangasem gara-gara terpelesat,nabrak pohon dan nyeruduk serumpun bambu hingga terseret sejauh 15 meter akhirnya membuat Muliana tewas ditempat.

Informasi yang dihimpun media ini laka lantas akibat kelalaian yang berujung maut itu terjadi pada Rabu(20/2), di jalan umum desa Peringsari menuju desa Sebudi, Selat.Tepatnya diwilayah desa Lusuh, Selat .Korban Muliana yang mengendarai sepeda motor Honda Supra X DK 4719 EM sekitar pukul 08.30 datang dari arah desa Sebudi menuju arah dususn Peringsari setibanya di TKP karena jalan licin setelah seharian diguyur hujan ,Muliana terpeleset dan tidak bisa menguasai motornya ,sepeda motornya terseret hingga 15 meter menyeruduk serumpun pohon bambu yang ada dipinggir jalan ,sementara korban terhempas ketengah jalan dan kepalanya membentur aspal dengan keras .Akibat kecelakaan itu korban mengalami luka remuk pada kepala bagian depan .Kejadian itu juga membuatnya langsung tewas ditempat

Pahumas Polres Karangasem,Kompol Wayan Soerdjana saat dikonfirmasi seijin Kapolres, Kamis(21/2) Kemarin membenarkan adanya lakalantas yang membuat hilangnya nyawa seorang pelajar asal Sebudi di TKP. (Karta)


Terobos Jalan Subur Ditebas Sabit

KUBU-Tidak terima jalan yang baru saja dipagari dilewati begitu saja, I Nengah Gomboh alias Mangku Wong(56) warga asal dusun Ban, Kubu, Karangasem nekat menebas I Nengah Subur (38) yang juga warga setempat dengan sebilah sabit besar. Yang mengakibatkan korban mengalami luka robek cukup parah pada lengan kirinya. Selasa(19/2) sore lalu ,sekitar pukul 18.00 Wita.

Menurut keterangan saksi, I Nengah Suka yang melihat langsung peristiwa itu menceritakan kronologis kejadian itu bermula dari keinginan Gomboh menutup jalan umum yang menuju kawasan galian C tidak jauh dari rumahnya dengan menggunakan ranting-ranting pohon .

Selang beberapa saat kemudian datang Nengah Subur yang dibonceng oleh Mangku Pasek bermaksud menerobos melewati jalan yang baru saja dipagari ranting oleh Gomboh.Tanpa banyak basa-basi melihat ulah korban ,palaku Nampak tidak terima karena pelaku saat itu masih menenteng sabit besar,Ia langsung bergerak dan menyabet korban dengan benda tajam itu tepat mengenai lengan korban yang membuatnya nyaris tumbang.Kasus penebasan itu akhirnya dilaporkan ke Mapolsek Kubu

Pahumas Polres Karangasem, Kompol I Wayan Soerdjana,seijin Kapolres Karangasem saat dikonfirmasi,Kamis(21/2) membenarkan adanya laporan kasus penebasan di wilayah Ban Kubu dengan korban Nengah Subur. Penyebab Kejadian itu disampaikan Pahumas gara-gara pelaku kesal dengan korban karena memaksa untuk menerobos jalan yang baru saja ditutupnya.(Karta)

POL PP Sidak Galian C

SELAT-Menindaklanjuti laporan warga, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karangasem ,Rabu(20/2) melakukan sidak galian golongan C di wilayah Kecamatan Selat. Sidak tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Klantor Polisi Pamong Praja Drs. I Wayan Miyasa yang didampingi oleh Kepala Bagian Ekonomi Setdakab Karangasem I Nyoman Diana, SE, serta dari unsur PU bidang Pengairan Eko Supriono dan Kasi Ops. Pol PP. Gusti Raka Grantipala dengan menerjunkan 13 anggotanya.

Lokasi yang disidak kali ini adalah di alur sungai Yeh Sah, Desa Muncan Kecamatan Selat. Dilapangan ditemukan sepanjang alur sungai Yeh Sah ada 7 titik aktivitas galian golongan C. Dari ketujuh titik kegiatan galian gol c tesebut satu titik berada di wilayah Kecamatan Selat, sedangkan enam titik galian terdapat di wulayah Kecamatan Rendang.

“Hasil sidak, ditemukan para penambang tidak mengantongi ijin, seperti lokasi tambang yang dimiliki oleh I Wayan Lanus warga Dusun Pendem, Desa Muncan, Kecamatan Selat yang bekerjasama dengan investor asal Denpasar bernama Rusmawati. Di lokasi ini ditemukan beberapa alat berat satu buah exavator, satu buah loader, dua unit mesin stone clusther, satu unit telah beroperasi.” Beber Miyasa

Menyikapi kondisi tersebut, Kasi Ops, Pol PP I Gusti Raka Grantipala, memerintahkan anggotanya untuk menyita kunci kontak peralatan operasional. Kunci kontak Exavator dan Loader akhirnya disita untuk selanjutnya pemiliknya diperintahkan untuk hadir ke Kantor Pol PP guna diberikan pembinaan. Karena pemilik tidak ditemukan dilapangan, Grantipala membuatkan bukti penyitaan yang ditandatangani oleh I Nyoman Sutar, karyawan galian tersebut.

Kepala Kantor Polisi Pamong Praja Drs. I Wayan Miyasa menegaskan, penambangan tidak berijin agar menghentikan kegiatan penambangan. Ijin-ijin harus dilengkapi sebelum beroperasi kembali. “Setelah penyitaan ini, kegiatan dilokasi akan terus dipantau dan diawasi untuk memastikan supaya tidak beroperasi sebelum ijin-ijin yang diperlukan dilengkapi” Ujarnya

Sementara Kabag Ekonomi I Nyoman Diana, SE selaku leading sektor yeng mengeluarkan ijin SIPD ( Surat Ijin Penambangan Daerah) menegaskan akan membantu proses perijinan secepatnya apabila semua persyaratan telah dilengkapi seperti rekomendasi lahan dari tingkat bawah seperti Kelian Desa Pakraman, Kelian Banjar Dinas, Perbekel serta Camat, ijin HO, IMB, dal ijin-ijin yang lain. Untuk SIPD kata Diana, dengan luas lahan maksimal 1 hektar dikeluarkan oleh Kabupaten sedangkan luas lahan lebih dari 1 hektar dikeluarkan oleh provinsi.

Sementara dilokasi lahan penambangan lain di Alur sungai tersebut yang terletak di wilayah Kecamatan Rendang milik I Gusti Ngurah Oka Jelantik ditemukan ijin yang dimilki telah habis masa berlakunya. Kepada pemilik usaha yang mengolah limbah galian gol C menjadi batu split dan serbuk pasir untuk bahan dasar pembuatan aspal hotmix tim memerintahkan agar segera mengurus perpanjangan ijin, jika dicek lagi diharapkan, perijinan sudah lengkap,

“Sesuai Perda Nomor 15 Tahun 2007 tentang Pengaturan, Perijinan, Pengawasan dan Pengendalian Usaha Pertambangan Bahan Galian Golongan C, ditambahkan apabila pengusaha galian gol. C tidak melengkapi dengan ijin SIPD dari usahanya tersebut diancam dengan denda 50 juta dan kurungan 6 bulan penjara.” Beber Diana. (karta)

2008 Karangasem Miliki Gedung Pemuda

AMLAPURA-Tahun 2008 Karangasem memiliki wahana Gedung Pemuda yang kini telah dianggarkan dalam APBD 2008,Hal tersebut dipastikan Nyoman Celos, SE, Ketua DPD II KNPI Karangasem, Rabu(20/2 di Amlapura Menurut Celos ,gedung pemuda itu nantinya akan dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas kepemudaan mendorong kiprah pemuda berpartisipasi secara lebih luas dalam turut serta mengisi pembangunan daerah.maupun aktivitas-aktivitas positif yang mengacu pada pemberdayaan SDM Pemuda

“Terlebih kedepan dalam upaya meningkatkan peran dan kiprah pemuda dalam pembangunan, KNPI mengarahkan garapannya untuk memaksimalkan fungsi dan peran OKP (Organisasi kemasyarakatan Pemuda) yang ada di Karangasem dari berbagai warna dan idealisme “ Ujar Celos.
Dalam kesempatan itu , KNPI Karangasem juga menantang OKP untuk mampu menelorkan program-program kerja yang tertuang dalam proposal kegiatan untuk dapat menyerap pendanaan yang diplot pada APBD 2008.

Sekjen DPD KNPI Karangasem ,Wayan Sekep Ariana, menambahkan penyerapan anggaran yang diplot sebesar 200 juta rupiah dalam APBD Induk diserahkan sepenuhnya kepada OKP termasuk STT seluruh Kecamatan untuk memanfaatkannya.

Ia mencontohkan seperti kegiatan penghijauan atau penanaman pohon, aktifitasnya harus diperluas dan ditingkatkan frekwensinya, mengingat Karangasem merupakan mayoritas daerah kering dengan jumlah lahan kritis relatif tinggi. Bahkan populernya isue lingkungan global warning, mengharapkan partisipasi seluruh masrakat untuk dapat peduli lingkungan melalui aksi nyata. Selain itu, bidang kegiatan olahraga dan seni tidak kalah penting disamping kegiatan disektor life skill melalui kemitran, pendidikan khususnya menyukseskan Wajar 9 tahun serta bidang sosial lainnya seperti penanggulangan narkoba, kenakalan remaja dan aktivitas lain yang bersentuhan dengan dunia kepemudaan .

Sejauh ini baik Celos ,maupun jajaran pengurus KNPI lainnya menyadari bahwa terbentur SDM dan tingkat kompetisi, pemberdayaan dan peran aktif pemuda masih dirasa belum maksimal dan masih perlu ditingkatkan utamanya menyentuh ke persoalan riil yang dihadapi pemuda Karangasem yang sebagian besar masih tinggal dipedesaan ,semisal kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang layak, pekerjaan,pembangunan ekonomi yang berbasis kepemudaan,pemberdayaan dan hal-hal lain yang menuju keasas pemerataan.dan kemandirian.

“Tapi kita optimis dengan kerja keras bersama ,setahap demi setahap kita akan melangkah kearah itu dan menjadikan KNPI sebagai wadah membangun simber daya Pemuda baik dibidang politik,social,budaya dan ekonomi tentunya sesuai dengan tuntutan dan perkembangan jaman “ Tandas Celos. .(Karta)


Dua Kapal Pesiar Eropa Berturut turut Mendarat Di Karangasem

PADANGBAY-Dua Kapal Pesiar Eropa , MS Amsterdam dan MS Nautica ,sejak Rabu(20/2) hingga Kamis(21/2 ) berturut-turut lego jangkar (mendarat) di dermaga Boat Pesiar ,Padangbay Manggis Karangasem, dengan mengangkut sedikitnya 1800 wisatawan mancanegara dalam dua hari itu.

Kapal Pesiar MS Amsterdam yang tiba di perairan Labuhan Amuk,Manggis siang kemarin mengangkut sekitar 1.100 orang penumpang maupun crew
Yang cukup menggembirakan bagi Karangasem, kunjungan wisatawan pesiar itu kali pertama memesan paket khusus mengunjungi sejumlah obyek daya tarik wisata di Karangasem,karena sebelumnya meski banyak Tamu pesiar di Padangbay, rata-rata mereka mengambil paket tour keluar Karangasem sehingga hal tersebut kerap dikeluhkan oleh pengelola jasa wisata di karangasem maupun mereka yang berkecimpung di dalamnya

Sebanyak 400 orang wisatawan diinformasuikan sudah langsung memesan paket wisata mengunjungi obyek yang ada di Karangasem seperti Taman Sukasada Ujung, dan Tenganan Pagringsingan, yang ditangani oleh pihak biro perjalanan wisata PT. Destination Asia Indonesia.

Menyusul kedatangan MS Amsterdam ,pada Kamis 21/2 (Hari ini-red) Kapal MS. Nautica yang mengangkut 700 wisatawan, dipastikan bakal mendarat di perairan Labuhan Amuk . Pihak Travell agen PT. Bali Triloka Candra yang menghandle tamu pesiar ini menyampaikan sebanyak 300 orang wisatawan yang singgah ke Bali itu juga sudah memesan paket wisata langsung untuk mengunjungi obyek-obyek wisata di Karangasem Diantaranya Desa Tenganan Pegringsingan, Candidasa, Puri Karangasem, Agro Salak Sibetan, Putung dan Pura Besakih.

Kadis Budpar Karangasem, Drs I Nengah Parwata, SH, M.si mengatakan, melalui kerjasama dengan PHRI, Pemkab Karangasem berupaya mempromosikan Kepariwisataan Karangasem dengan memberikan jaminan kepada biro-biro perjalanan yang ada di Bali dan juga pihak Kapal Pesiar, bahwa ODTW Karangasem sudah siap dikunjungi.

Namu demikian Parwata mengakui masih adanya kendala dilapangan seperti kurangnya kenyamanan dan keamanan tamu, terutama dari gangguan pedagang acung atau guide dan transport liar yang kerap membayang-bayangi kedatangan tamu pesiar mulai dari pendaratan hingga mengunjungi sejumlah obyek .
Pihak Budpar berjanji mengupayakan penangannya guna memberikan citra yang lebih baik dengan melibatkan petugas keamanan diantaranya kepolisian, unsur TNI, Perhubungan, Satpol PP, Hansip dan Pecalang terutama didaerah kedatangan

“Kedatangan Kapal Pesiar ini sangat membantu menggairahkan sector Pariwisata Karangasem baik langsung maupun tidak langsung ,selain itu tentunya juga memberi dampak positif terhadap sector-sektor pendukung lainnya termasuk sektor kerajinan masyarakat,perdagangan serta penyedia berbagai jasa wisata lainnya” Tandas Parwata. (Karta)

Abang Harapkan Peningkatan Bantuan Desa Adat

ABANG-Pemkab Karangasem dalammenyosialisasikan program kerja APBD 2008 ke semua Kecamatan, disambut positif oleh kalangan prajuru adat,salah satunya di Kecamatan Abang.
Prajuru Desa Adat Tauka Pasek Poleng salah satunya mengaku, sudah merasakan adanya gebrakan pembangunan di bawah kepemimpinan Bupati I Wayan Geredeg dan Wakil Bupati Drs I Gusti Lanang Rai.

Hanya dalam bidang bantuan kepada Desa Adat disampaikan Pasek perlu lebih ditingkatkan lagi, paling tidak menurutnya berkisar antara 15 - 20 juta rupiah per tahunnya.
“ Dengan adanya peningkatan sumbangan ,kemampuan Desa Adat dalam menopang ajeg Bali khususnya dalam melaksanakan misi Mapahayu di tiap paryangan, mewujudkan kasukertan pawongan dan palemahan desa adat, dapat diwujudkan. “ Ujarnya.

Lanjut Pasek, Visi Jagadhita Ya Caiti Dharma sudah ideal, namun implementasinya harus lebih diperkuat lagi karena dengan derasnya gempuran modernisasi, tidak menutup kemungkinan makin merangsek kebeadaan ciri khas Bali yakni Desa Adat dengan pelbagai adat budayanya. Sebagai benteng terakhir menyelamatkan Bali , maka pemberdayaan dan kemampuan Desa Adat layak menjadi prioritas utama.

Menanggapi aspirasi demikian, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Drs I Nengah Parwatha, SH, Msi serta Ka.Bag Kesra dan PP setdakab Karangasem Ida Bagus Wayan Jungutan, S.sos, sama-sama sependapat dengan masukan yang dilontarkan prajuru adat Kecamatan Abang.

Namun menurut Parwata, semua itu tergantung kemampuan keuangan Pemkab Karangasem, mengingat saat ini selain masih mengantongi PAD relatif terbatas juga harus dibarengi kesadaran masyarakat dalam mendukung pembangunan dan kesadaran dalam membayar pajak bagi yang wajib membayar.
“Bagi pemerintah tidak ada pilihan lebih baik, kecuali memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat.” Ujarnya.

Sementara Ida Bagus Wayan Jungutan, S.sos menekankan, agar Desa Adat / Pakraman mengarahkan secara efisien pemanfatan bantuan, bukan semata untuk kepentingan pisik, tetapi peduli dan memperhatikan aktifitas sosial non pisik seperti program Pasraman, pembinaan seni dikalangan generasi muda serta melestarikan budaya khas / sacral yang dimiliki, agar pewarisan nilai-nilai budaya adat dan seni yang berakar agama, dapat makin tebal tumbuh-berkembang ditengah masyarakat.

Sementara itu wakil legeslatif asal Abang Pandu Prapanca Lagosa, SH, mendukung apa yang diharapkan masyarakat, untuk setiap tahun senantiasa dapat meningkatkan bentuk bantuan kepada Desa Adat di Karangasem.
“Seperti diketahui, Karangasem yang dijuluki hulunya Bali karena keberadaan sejumlah Tempat Suci Kahyangan Jagat, menuntut perhatian khusus dalam pembangunan bidang sosial budaya, terutama menyangkut masalah beban adat dan emponan Pura-Pura yang ada.” Paparnya (Karta)



Terungkap Mencuri Ayam Jujur Di Polisikan

KUBU-I Made Jujur(50) ternyata tidak berbuat jujur. Akibatnya Lelaki asal Banjar Pedahan Kelod, Desa Tianyar Tengah ,Kubu Karangasem itu pada Rabu(13/2) terpaksa berhadapan dengan penegak hukum karena Ia dilaporkan telah mencuri seekor ayam tetangganya ,I Nengah Sukardi(32) .

Informasi yang dihimpun media ini terungkapnya Jujur sebagai pencuri ayam ,berawal dari korban bertemu dengan Rerod yang dipergoki membawa seekor ayam. Melihat ayam dengan ciri-ciri yang persis seperti yang Ia miliki namun telah hilang sebulan lalu, korbanpun menanyakan pada Rerod tentang ayam yang dibawanya itu. “ Bli dimana beli dapat ayam ini ? “ Ujarnya.
Ditanya demikian dengan jujur Rerod mengatakan bahwa Ia mendapatkan ayam itu membeli dari I Made Jujur .yang kebetulan juga sudah dikenal oleh korban.

Mendengar jawaban demikian Sukardi tidak terima dengan perasaan kesal bercampur jengkel Sukardi beranjak menuju Pos Polisi Tianyar melaporkan Jujur yang diyakini telah mencuri ayam aduannya yang hilang sejak sebulan lamanya.
“Pak saya melapor telah kehilangan ayam, dan pencurinya adalah I Made Jujur .Hal itu disampaikan oleh Rerod saat saya memergokinya membawa ayam milik saya yang hilang beberapa waktu lalu “ Adunya.

Pahumas Polres Karangasem, Kompol I Wayan Soerdjana saat dikonfirmasi, seijin Kapolres Kamis(14/2) Kemarin membenarkan telah menerima laporan pencurian ayam oleh korban Sukardi yang diduga pencurinya adalah I Made Jujur .Modus pencurian itu disampaikan Pahumas pelaku mengambil ayam korban dari keranjang saat korban sedang tidak ada dirumah . Pihak petugas berjanji akan menindak lanjuti laporan korban .(Karta)

Pengecer Togel Di Sidemen Di Bekuk

SIDEMEN-Kasus penjualan kupon putih alias Toto Gelap(Togel) nyaris tak pernah padam ,termasuk juga di wilayah hukum Karangasem .Meski aparat kerap meringkus sejumlah penjual namun banyak kalangan yang menilai hal itu hanyalah sebatas ditingkat pengecer .Terlepas dari kebuntuan dari mana para pengecer ini memasok kupon putih yang pasti pada Rabu(13/2) sekitar pukul 13.00 Wita seorang penjual togel , I Wayan Eka Pinata alias Ableh(19) asal Dusun Tebolang, Sidemen di bekuk dirumahnya lantaran terbukti telah menjual togel.

Informasi yang dihimpun media ini. Penangkapan yang dilakukan terhadap Ableh berawal dari adanya informasi masyarakat yang menyebutkan tersangka menjual togel. Berbekal informasi demikian, petugas Polsektif Sidemen bergerak kelokasi untuk memastikan kebenarannya .
Setelah sebelumnya melakukan pengintaian ,tanpa menunjukkan perlawanan tersangka langsung digerebeg dirumahnya tempat dimana ia melakukan transaksi jual beli kupon putih tersebut .Bersama dengan penangkapan itu petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya sebuah HP Sony Ericson ,1 Buah Bolpoint, 3 Lembar kertas rekapan, dan uang hasil penjualan kupon sebanyak Rp. 103.000.

Pahumas Polres Karangasem, Kompol I Wayan Soerdjana saat dikonfirmasi seijin Kapolres Karangasem,Kamis(14/2) memebenarkan telah melakukan penangkapan terhadap tersangka Ableh karena aktivitasnya menjual togel. Hal itu disebutkan Pahumas tidak terlepas dari adanya laporan masyarakat “Petugas setelah mendapatkan informasi dari masyarakat langsung bergerak dan hasilnya memang benar, Ableh terbukti menjual togel yang dikuatkan oleh sejumlah barang bukti yang ada padanya. Saat itu juga tersangka langsung dibawa ke mapolsek Sidemen “ Tandas Pahumas.(Karta)


Sambut Valentine BMI Tebar Mawar

AMALAPURA-Gema perayaan hari kasih sayang yang lazim disebut Valentine Day gemanya juga dirasakan hingga kepelosok-pelosok tak terkecuali di Karangasem. Menariknya hari yang identik dengan dunia remaja ini di Karangasem cukup jeli dimanfaatkan oleh barisan ormas Banteng Muda Indonesia (BMI) Karangasem yang baru beberapa waktu lalu dikukuhkan kepengurusannya.

Dengan menggandeng belasan remaja putri, organisasi sayap PDIP itu membagi-bagikan ratusan kuntum mawar merah kepada para pengendara yang melintas di pertigaan Paya yang merupakan kawasan sentral menuju jantung kota Amlapura .

Ketua BMI Karangasem, Pandu Prapanca Lagosa,SH terkait aksi itu menyampaikan penyebaran mawar kepada para pengguna jalan dimaksudkan sebagai bentuk berbagi kasih dengan sesama .Ia tidak sepakat jika aksi itu di kaitkan dengan upaya menarik simpati politik semata .Menurutnya nilai kasih lebih bersifat universal dan wajib hukumnya disebarluaskan kesetiap sesama.

“Sekuntum mawar tidak akan mempropagandakan keharumannya ,tapi kumbang-kumbanglah yang sejatinya mempropagandakannya. Halnya dengan BMI tidak akan bisa menjadi apa-apa ,tapi masyarakatlah yang akan menjadikan BMI itu seperti apa dikemudian hari.Kurang lebih seperti itulah makna sekuntum mawar merah yang diberikan BMI dihari Valentine ini “ Ujar Politisi asal Pidpid penuh puitis. (Karta)


Forum Lintas Agama Bahas Antisifasi Kerawanan Ogoh-ogoh


AMALAPURA-Hari raya Nyepi menyambut tahun baru caka 1929 yang jatuh pada Sasih Kesange tanggal 7 Maret 2008 sudah diambang pintu, disepakati pelaksanaannya berjalan seperti biasa yang ditandai dengan melakukan Catur Berata Penyepian yakni Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelungaan dan Amati Lelanguan.

Sementara pelaksanaan ritual Pecaruan Taur Kesange ditetapkan sesuai tingkatan wilayah, untuk Kabupaten Karangasem dipusatkan di lapangan Chandra Buana Amlapura. Untuk perayaan kali ini Pemkab Karangasem didukung lembaga umat masih mentoleransi pelaksanaan pengrupukan dengan pembuatan ogoh-ogoh, namun arak-arakannya tidak dibolehkan melewati batas desa masing-masing.

Demikian terungkap dalam pembahasan antar lembaga umat bersama Pemkab Karangasem dan unsur terkait Rabu(13/2) di Amlapura.
Bupati Karangasem I Wayan Geredeg mengatakan, mewaspadai kian tingginya suhu politik menjelang Pilgub tahun ini, diharapkan tidak timbul riak-riak yang dapat menodai pelaksanaan perayaan Hari Nyepi serta Upacara Taur Kesange berikut pengrupukannya. Untuk itu, pihaknya meminta semua pihak dan masyarakat Karangasem khususnya, lebih waspada terhadap gejolak yang dapat saja terpicu karena adanya gesekan antar warga atau kelompok warga, yang cenderung rawan terimbas nuansa politis.

“Khusus untuk arak-arakan ogoh-ogoh karena bukan merupakan syarat dalam ritual Kesange, namun hanya menonjolkan aspek seni, hendaknya disesuaikan dengan sikon masing-masing desa, agar tidak dilakukan secara berlebihan.” Demikian Bupati menegaskan.
Pada kesempatan tersebut diintrusikan kepada Bagian Kesra PP agar dapat menggandakan dan menyebarkan seruan Gubernur kepada semua pihak yang terkait, serta mengatur tehnis masalah penyalaan lampu oleh Dinas Perhubungan.

Khusus untuk ogoh-ogoh disarankan agar usai arak-arakan langsung diprelina dan dibakar. Masalah pengaturan lampu di RSU dan petugas keamanan LP agar ditegaskan dalam butir-butir seruan.
Ketua DPRD I Wayan Sukadana, S.sos menegaskan kreatifitas ogoh-ogoh tidak termasuk bagian dari ritualitas Hindhu, namun hanya penonjolan seni semata agar tidak menjadi ajang penodaan terhadap agama serta terganggunya stabilitas masyarakat yang dipicu gesekan dan rawan ditumpangi muatan tertentu. Secara prinsip selaku DPRD mendukung Keputusan Gubernur sejak tahun 1998 yang tidak memperkenankan lagi arak-arakan ogoh-ogoh, karena lebih banyak merugikan.

“Ogoh-ogoh yang sudah dipasupati dan tidak diprelina kembali, perlu dicarikan jalan keluar meluruskan pemaknaan ajaran agama yang cenderung menyimpang.” Terangnya Disarankan juga agar arak-arakan ogoh-ogoh dilakukan sebelum pelaksanaan Tawur Kesange. Sementara untuk pelaksanaan Nyepi yang kebetulan jatuh pada hari Jumat diharapkan dapat dikomunikasikan agar tumbuh toleransi yang sehat saling menghormati dalam pelaksanaan ibadah agama.

Ketua Parisadha I Wayan Bagiartha, SH, M.Hum bersama Ketua MDP Drs. I Nyoman Putra Adnyana, sama-sama mendukung pengaturan tehnis melalui edaran surat keputusan Bupati, sehingga dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaannya.

Dikatakan, tradisi ogoh-ogoh yang timbul sejak tahun 1988, hanyalah pergeseran ide dalam masyarakat yang cenderung menjadi kebiasaan dan juga belum ditemukan aspek negatif secara hukum. Ia Melihat tradisi tersebut cenderung sudah menjadi kebiasaan nampaknya sulit dilarang, hanya jika memungkinkan tidak dikumpulkan dalam tempat tertentu dan pengarakannya tidak melewati batas desa. Ia menilai masih layak kalau hanya diatur prosesi pengarakannya dan waktunya dibatasi dari pukul 16.00 sampai 18.00, sehingga mengeleminir timbulnya dampak negatif.

Menurut Bagiartha, sebelumnya telah dilakukan pengkajian di Kantor Departemen Agama dengan membuahkan hasil berupa kesepakatan dalam pelaksanaan Nyepi, mengatur dispensasi serta masalah tawur berikut mengatur kreatifitas ogoh-ogoh.
Putra Adnyana mengatakan, kemungkinan adanya tunggangan politik antar kelompok masarakat perlu diwaspadai dan dilakukan suatu pengaturan secara lebih tegas. Kebiasaan pemuda minum duluan sebelum mengarak ogoh-ogoh dinilai sering menjadi biang timbulnya keributan.

“Ogoh-ogoh itu sendiri tidak atas perintah Desa Adat sebagaimana aci yang ada ditiap desa adat, namun spontanitas, padahal seperti di Jasri ada kebiasaan adanya perang api / ter-teran, sehingga kebaradaan ogoh-ogoh hanya unsur seni semata yang cenderung menggeser pemaknaan kemeriahaan pelaksanaan agama.” Beber ketua Majelis Desa Pekraman Karangasem itu

“Menurut agama pengarakan ogoh-ogoh sebagai simbul buta kala tidak perlu diarak tetapi disomya agar menjadi sifat dewata. MDP pada prinsipnya mendukung kebijakan Pemkab melarang, namun agar tidak frontal tetapi diatur secara lebih tertib mengeleminir dampak negatif. “ Imbuhnya
Kapolres Karangasem Istiyono yang hadir pada kesempatan itu intinya mengatakan, menghargai pelaksanaan ritual agama namun pihak aparat disebutkannya guna antisipasi pengamanan, perlu diatur melalui dispensasi yang arif dan bijaksana khususnya bagi petugas keamanan dan penggunaan lampu, yang erat kaitannya dengan pelaksanaan misi keamanan itu sendiri. Secara umum aparat disebutkan Istiyono berjanji akan mendukung sepenuhnya dari aspek pengamanan.

Sementara itu Ketua Harian MUI Mursid mengatakan, karena akan diatur dalam Keputusan Bupati untuk melakukan seruan-seruan. Disarankan agar start hingga usai Nyepi penuh pada saat bersamaan dengan 6 kali waktu solat agar diatur tidak menggunakan pengeras suara dan tanpa menggunakan bedug.
“Hendaknya seruan Bupati dilakukan pengawalan dari tingkat atas sampai ke bawah sehingga benar-benar dapat diwujudkan dan diamankan.” Harapnya

Senada dengan MUI ,Dandim Karangasem mengatakan, pelaksanaan seruan agar dilakukan pengamanan dan pengendalian saat pelaksanaan di lapangan, serta perlu diatur masalah pelaksanaan ritual ibadah umat lain berikut adanya pengamanan secara lebih komprehensip.(Karta)

28 comments:

Anonymous said...

calgary 32nd ave ne auto audio store [url=http://www.cardvdplanet.com/9-inch-tft-screen-car-dvd-with-analog-tv-stereo--discount-price95.html]auto audio power products[/url] best auto dvd player http://www.cardvdplanet.com/6-2-inch-wide-16-9-tft-dvd-player-fm--discount-price8.html car audio for the scion xb
d mercedes benz reviews auto extended warranty car audio and [url=http://www.cardvdplanet.com/1-din-car-dvd-player-7-inch-tft-tv-tuner-cd074--discount-price78.html]install auto dvd player[/url] auto dvd player http://www.cardvdplanet.com/car-dvd-player-with-fm-function-cd140--discount-price54.html volvo car dvd mb 8000
auto dvd installation marietta kennesaw georgia [url=http://www.cardvdplanet.com/7-inch-tft-lcd-touch-screen-car-dvd-player-with--discount-price113.html]car audio toyota[/url] dual screen auto dvd player http://www.cardvdplanet.com/7-0-inch-tft-touch-screen-dvd-with-gps-jzy817g--discount-price46.html jvc auto audio manuals

Anonymous said...

ballerina diet [url=http://usadrugstoretoday.com/products/phosphatidylserine.htm]phosphatidylserine[/url] clinical depression tools for chronically depressed women http://usadrugstoretoday.com/products/azulfidine.htm having orgasm http://usadrugstoretoday.com/categories/weibliche-verstarkung.htm
nutrition and muscle health [url=http://usadrugstoretoday.com/products/levitra-super-active-plus.htm]levitra super active plus[/url] cincinnatti mineral wells spring training [url=http://usadrugstoretoday.com/products/vantin.htm]pets with diabetes[/url]

Anonymous said...

memphis health inspections [url=http://usadrugstoretoday.com/products/zyban.htm]zyban[/url] anti social personality disorder http://usadrugstoretoday.com/categories/arreter-de-fumer.htm arizona medical flight companies http://usadrugstoretoday.com/categories/colesterolo.htm
itchiness stress [url=http://usadrugstoretoday.com/products/betnovate.htm]betnovate[/url] mississippi board of medical examiners [url=http://usadrugstoretoday.com/products/minocycline.htm]antibiotics short term use benefits in drug discovery[/url]

Anonymous said...

knox county health department charity [url=http://usadrugstoretoday.com/products/seroquel.htm]seroquel[/url] benefits of using radioactive material in medicine http://usadrugstoretoday.com/products/prometrium.htm herpes in the lip http://usadrugstoretoday.com/products/parlodel.htm
increasing vaginal fluids naturally [url=http://usadrugstoretoday.com/catalogue/o.htm]Buy generic and brand medications[/url] mary ford smoke rings [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/erection-packs.htm]vitamin k price 25mg[/url]

Anonymous said...

starbridge health insurance [url=http://usadrugstoretoday.com/products/xenical.htm]xenical[/url] walking for high blood pressure http://usadrugstoretoday.com/products/eurax.htm stress reducing herbs http://usadrugstoretoday.com/products/himplasia.htm
how to reduce enlarged prostate [url=http://usadrugstoretoday.com/products/viramune.htm]viramune[/url] how soap kills bacteria [url=http://usadrugstoretoday.com/products/calan.htm]fact about herpes virus[/url]

Anonymous said...

http://newrx.in/angina/angina-and-its-pathophysiology-pdf
[url=http://newrx.in/leukeran]viagra online without prescription[/url] trimix injection for erectile dysfunction [url=http://newrx.in/diphenhydramine/diphenhydramine-hydrochloride-overdose-amount]diphenhydramine hydrochloride overdose amount[/url]
missouri drug court http://newrx.in/carbohydrates/food-high-in-carbohydrates
[url=http://newrx.in/carbohydrates/carbohydrates-in-alcohol]sudol drug[/url] google drug test [url=http://newrx.in/inderal]inderal[/url]
controlling criminals with drugs ethical http://newrx.in/methocarbamol/methocarbamol-500mg
[url=http://newrx.in/fluoxetine/fluoxetine-poisoning]nj comprehensive drug reform act[/url] starategies against generic drugs [url=http://newrx.in/disopyramide/n-despropyl-disopyramide]n despropyl disopyramide[/url] generic viagra on line [url=http://newrx.in/inderal/inderal-120-mg-la-caps]inderal 120 mg la caps[/url]

Anonymous said...

http://www.thisissparta.com.au/forum/viewtopic.php?f=3&t=35973 http://nafsociety.net/fourms/viewtopic.php?f=6&t=29848 http://www.karlarson.com/viewtopic.php?f=46&t=41294 http://yourcbrealtor.com/RealEstateColloquium/index.php?topic=26249.new#new
http://www.daoine-sidhe.org/forum3/viewtopic.php?f=23&t=45678 http://glnt.co.uk/zeroboard/zboard.php?id=box&page=1&page_num=20&select_arrange=headnum&desc=&sn=off&ss=on&sc=on&keyword=&no=1176&category= http://csubphilosophy.com/forum/viewtopic.php?f=5&t=58259 http://www.home-coalition.de/Public/forum/viewtopic.php?f=17&t=46381
http://www.svpnw.org/Smf/index.php?topic=65631.new#new http://www.rayisaac.com/raymond/phpBB2/viewtopic.php?p=252706#252706 http://www.creamwarriors.com/forum/viewtopic.php?f=2&t=203641

Anonymous said...

matt roloff diabetes and health [url=http://usadrugstoretoday.com/products/myambutol.htm]myambutol[/url] proping the bottle and ear infections http://usadrugstoretoday.com/categories/cardiovascolari.htm lawnwood medical fort pierce florida http://usadrugstoretoday.com/catalogue/f.htm
santa cruz medical clinic [url=http://usadrugstoretoday.com/products/cefixime.htm]cefixime[/url] is anxiety psychologixcal or chemical [url=http://usadrugstoretoday.com/products/lithium-carbonate.htm]strange health facts[/url]

Anonymous said...

rental auto sale http://automotoportal.in/lincoln/what-movies-are-playing-in-lincoln-nebraska ge capital auto financial services
[url=http://automotoportal.in/motorcycle/brand-name-leather-motorcycle-race-jackets]all volkswagen models[/url] mercedes velazquez [url=http://automotoportal.in/mini-auto/mini-drag-bikes]mini drag bikes[/url]
volkswagen v10 4wd low range http://automotoportal.in/mitsubishi
[url=http://automotoportal.in/motor-com/jacuzzi-pump-motor-removal]llentech auto performance[/url] automobile manufacturing timeline between 1900 world war 2 [url=http://automotoportal.in/motors/organizational-structure-of-general-motors]organizational structure of general motors[/url]
mercedes 420 se hoses http://automotoportal.in/mercury/mercury-outboard-shirts
[url=http://automotoportal.in/motor/motor-vehicle-in-nj]antique automobile clock repair[/url] how much does a mercedes benz c 500 cost [url=http://automotoportal.in/mini-car/mini-thirty-accuracy]mini thirty accuracy[/url]

Anonymous said...

travel restrictions to quatamala us state department http://greatadventures.in/lufthansa/richard-morris-british-airways commissions paid to travel agent
[url=http://greatadventures.in/airport/burbank-airport-to-lax-shuttle-service]small travel trailers with queen beds[/url] holiday house travel [url=http://greatadventures.in/plane-tickets/hawaii-plane-tickets]hawaii plane tickets[/url]
travel geneva to nice http://greatadventures.in/travel/turkey-travel-pamakkule
[url=http://greatadventures.in/tours/mickey-wolfson-travel-tours]have gun will travel season 4[/url] cheap last minute travel deals [url=http://greatadventures.in/car-rental/alamo-car-rental-seattle]alamo car rental seattle[/url]
travel guide of south dakota http://greatadventures.in/hotel/millennium-hotel-145-west-44th-street-new-york repossessed travel trailers [url=http://greatadventures.in/tour/therion-world-tour-2007-shirt]therion world tour 2007 shirt[/url]

Anonymous said...

lpn travel nurse positions in usa http://atravel.in/cruises_cruises-to-the-bahamas-from-port-carniveral-in-florida bellaer travel
[url=http://atravel.in/inn_fairfield-inn-virginia-beach]travel visa to us[/url] best price on freezer for car travel [url=http://atravel.in/car-rental_discount-car-rental-ontario-htm]discount car rental ontario htm[/url]
overseas travel agency in vidyanagar http://atravel.in/disneyland_disneyland-vacation-package-deal
[url=http://atravel.in/hotel_manila-hotel-room]travel agent in indonesia[/url] egyptian travel [url=http://atravel.in/tourism_porter-5-forces-analysis-tourism]porter 5 forces analysis tourism[/url]
travel media company http://atravel.in/map_map-supply-incorporated-2007-motor-carrier-road-atlas hewin travel [url=http://atravel.in/lufthansa_boeing-plan-documents]boeing plan documents[/url]

Anonymous said...

when to use automobile tire tubes http://autoexpress.in/racing/good/luck/charms/in/racing/and/showing/horses independent appraisal damage automobile
[url=http://autoexpress.in/buell/buell/parts/microfiche]mercedes value[/url] automobile distributer caps [url=http://autoexpress.in/racing/drag/racing/car/sponsorships]drag racing car sponsorships[/url]
impact of the automobile http://autoexpress.in/mercury/mercury/racing/catalog
[url=http://autoexpress.in/mercury/red/hot/chili/peppers/on/mercury]graham automobile wiki[/url] mercedes diesel om617 ac belt [url=http://autoexpress.in/racing/laughlin/leap/racing/voss]laughlin leap racing voss[/url]
japan automobile industries http://autoexpress.in/saab/aoto/tires/for/saab
[url=http://autoexpress.in/rally/rally/obedience/kit]auto racing and keith lawrence[/url] mercedes mclaren pics [url=http://autoexpress.in/scooters/yamati/scooters]yamati scooters[/url]

Anonymous said...

designer purses wholesale http://topcitystyle.com/pink-grey-shoes-color220.html fashion words [url=http://topcitystyle.com/dolce-amp-gabbana-rocky-sport-pants-for--item2289.html]clothes dryer remove ink[/url] basketball shoes closeout
http://topcitystyle.com/31-classic-denim-size15.html zappo shoes [url=http://topcitystyle.com/khaki-women-apos-s-long-sleeve-tops-color28.html]bridesmaid shoes[/url]

Anonymous said...

hairy pussy porn videos http://planetofporn.in/blow/vancouver-park-blow-job
[url=http://planetofporn.in/free-adult/online-adult-games]adult magazines reviews[/url] brutol dildo [url=http://planetofporn.in/erotic-stories/erotic-wife-stories]erotic wife stories[/url]
girls drinking piss porn http://planetofporn.in/amateur-porn/programz-amateur-porn-free
[url=http://planetofporn.in/condom/mature-dildo-free-gallaries]paste lubricant usage recommendations[/url] underage sex video porn [url=http://planetofporn.in/adult-movie/mature-adult-model-hire]mature adult model hire[/url]
adult services brisbane http://planetofporn.in/bondage/hardcor-bondage
[url=http://planetofporn.in/ass-sex/round-wet-ass]farting during anal[/url] free chinese anal sex [url=http://planetofporn.in/hcg-oral/oral-sex-orgy]oral sex orgy[/url]
college sexy schoolgirl porn http://planetofporn.in/ass-sex/black-and-latino-nude-ass-fucking-teens
[url=http://planetofporn.in/bdsm/bdsm-suspendsd]adult highschool toronto[/url] free 15 minutes adult movies download [url=http://planetofporn.in/blowjob/blowjob-while-asleep]blowjob while asleep[/url]

Anonymous said...

yarn dyeing lubricant http://xwe.in/toon/kim-possible-toon-porn
[url=http://xwe.in/teen-ass/a-dumb-ass-from-olney-texas]rapper eve dildo pics[/url] sexy sailormars hentai [url=http://xwe.in/orgasm/first-female-orgasm]first female orgasm[/url]
anal in the amazon http://xwe.in/adult-xxx/analysis-of-adult-fairy-tales
[url=http://xwe.in/thongs/wwf-diva-thongs]usagi mamoru hentai[/url] pornstar anal [url=http://xwe.in/adult-xxx/asian-adult-video-sharing]asian adult video sharing[/url]
porn college sex http://xwe.in/fetish
[url=http://xwe.in/erotic-video/erotic-topless-wrestling]old adult magazines[/url] adult spanking participation polls [url=http://xwe.in/bbw/bbw-with-big-toys]bbw with big toys[/url]
anal finger massage http://xwe.in/erotic-gay/erotic-mother-son-incest-rape
[url=http://xwe.in/erotic-stories/french-camping-holiday-party-2-erotic-story]adult animated jokes[/url] free adult sexpics [url=http://xwe.in/fetish/swimming-cap-fetish]swimming cap fetish[/url]

Anonymous said...

vans shoes on sale http://luxefashion.us/red-white-shirts-color120.html theresia shoes [url=http://luxefashion.us/brown-and-grey-color151.html]finn comfort shoes[/url] fashion sketching
http://luxefashion.us/-underware-accessories-category74.html in fashion coupon codes [url=http://luxefashion.us/white-black-color97.html]ralph lauren polo discount code[/url]

Anonymous said...

lauren graham fakes http://luxefashion.us/sky-blue-armani-color96.html ralph lauren atmosphere carpet [url=http://luxefashion.us/52-sweaters-size3.html]chanel eiffel tower pendant necklace[/url] kleinplasie
http://luxefashion.us/dolce-amp-gabbana-page7.html snow shoes for dag walking [url=http://luxefashion.us/30-men-size12.html]graphics designer resume sample[/url]

Anonymous said...

check identity of a drug [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/anti-acidity.htm]anti acidity[/url] coffee regional medical center douglas ga http://usadrugstoretoday.com/products/lotensin.htm
guide to diet supplements [url=http://usadrugstoretoday.com/products/ditropan.htm]ditropan[/url] strongest immune system supplement [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/arthrite.htm ]why are smoke bombs called smoke bombs [/url] normal embryonic heart rate 6 weeks
antibiotics term resistent [url=http://usadrugstoretoday.com/products/zestril.htm]zestril[/url] infusion tea orlando http://usadrugstoretoday.com/categories/anti-saure.htm
coleman sleeping bag appalacian [url=http://usadrugstoretoday.com/products/paroxetine.htm]paroxetine[/url] big long penis [url=http://usadrugstoretoday.com/products/furosemide.htm ]health care purchasing services [/url] set me like a seal on your heart

Anonymous said...

rhinestones for shoes http://luxefashion.us/?action=products&product_id=2237 fashion island [url=http://luxefashion.us/?action=products&product_id=2233]giada delaurentis nude pictures[/url] zurich chanel
http://luxefashion.us/white-black-color97.html current fashion eyeglasses [url=http://luxefashion.us/?action=products&product_id=1281]free graphics designer[/url]

Anonymous said...

http://xwp.in/ceftin/ceftin-price
[url=http://xwp.in/immune/the-complement-system-of-the-immune-system]chemotherapy drug taxol[/url] dentist lower columbia oral health http://xwp.in/immune/immune-mediated-polygenic-arthritis
buy viagra now http://xwp.in/amaryl/side-effects-of-amaryl
[url=http://xwp.in/amaryl/amaryl-side-effects]drug pill hydrochloride[/url] tackett pharmacy weatherford tx http://xwp.in/eczema/eczema-in-scalp-cure
cialis commercial funny http://xwp.in/angina/causes-of-angina
[url=http://xwp.in/dicyclomine/paroxetine-and-dicyclomine-hcl]posters for drug abuse[/url] joe boggs and associates drug testing http://xwp.in/eczema/eczema-oregano how to read a drug test http://xwp.in/angina/causes-of-angina

Anonymous said...

kitchen designer http://luxefashion.us/l-gucci-size7.html yves saint laurent [url=http://luxefashion.us/pepe-jeans-london-t-shirts-for-men-brand52.html]fashion stylists located in chicago il[/url] stain removal from clothes
http://luxefashion.us/black-white-color187.html cheap baby clothes [url=http://luxefashion.us/red-men-underwear-color8.html]ben travis lighting designer[/url]

Anonymous said...

free casino game casino free slots http://xwn.in/jokers_jokers-game lottery winning april martin florida
[url=http://xwn.in/joker_joker-batman-original]itc bingo[/url] casino macedonia [url=http://xwn.in/betting_sports-betting-hint]sports betting hint[/url]
tropicano hotel and casino http://xwn.in/lottery_lottery-forum
[url=http://xwn.in/roulette_virtual-online-roulette-game]mechanicsville ruritan casino night 2008[/url] newton country bingo [url=http://xwn.in/gambling-online_romanian-gambling-laws-draft]romanian gambling laws draft[/url]
lottery winnersnorthcoralina http://xwn.in/jokers_jokers-wild-paper golden nugget casino las vegas nevada [url=http://xwn.in/keno_scott-and-annette-keno]scott and annette keno[/url]

Anonymous said...

automobile dasboard cameras http://pqx.in/bugatti/new/bugatti/cars volkswagen pasat for sale portland or
[url=http://pqx.in/infiniti/infiniti/dealers/in/birmingham/alabama]two for the road hepburn finney mercedes 300sl[/url] auto additions [url=http://pqx.in/acura/acura/sarasota]acura sarasota[/url]
how much is the mercedes slr http://pqx.in/hyundai/hyundai/sonata/2005/interior/volume/specification
[url=http://pqx.in/volvo/lehigh/valley/volvo/dealers]automobile radiator modine[/url] thailand mercedes benz new car prices [url=http://pqx.in/volvo/volvo/oem/video/v70]volvo oem video v70[/url]
brandywine maryland used auto parts http://pqx.in/acura/chiltons/book/for/acura
[url=http://pqx.in/mercury/sirius/radio/3/yrs/free/with/mercury]automobile exhaust for mazda 323[/url] toyota automobile models [url=http://pqx.in/ford/ford/explorer/sport/trac/2001/4w/schematic/logistic/control]ford explorer sport trac 2001 4w schematic logistic control[/url]

Anonymous said...

lottery scholarships http://wqm.in/online-casino_online-blackjack-online-casino-games washington hotel casinos
[url=http://wqm.in/casino-online_fingerlakes-casino]nj pick 6 lottery[/url] casino fort smith [url=http://wqm.in/blackjack_blackjack-pizza-arvada-co]blackjack pizza arvada co[/url]
casino income from poker http://wqm.in/jokers_jokers-wild-store
[url=http://wqm.in/joker_insane-clown-posse-joker-cards]veges casinos[/url] video terminal gambling [url=http://wqm.in/baccarat_baccarat-glass]baccarat glass[/url]
ca daily 3 lottery result http://wqm.in/jokers_jokers-wild-magic-shop the newest casinos on line with no deposit sign up bonuses [url=http://wqm.in/slots_brucey-b-slots]brucey b slots[/url]

Anonymous said...

robin hood movie downdoal [url=http://moviestrawberry.com/films/film_kicking_the_dog/]kicking the dog[/url] hole in the floor movie clips http://moviestrawberry.com/films/film_mad_max/ horror movie sheep
free movie tila nguyen [url=http://moviestrawberry.com/films/film_angels_with_dirty_faces/]angels with dirty faces[/url] school ties movie info http://moviestrawberry.com/films/film_return_of_the_living_dead_iii/ movie theaters florence sc
fastest movie site free [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_walker/]the walker[/url] little chicago movie
free gay movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_damned_united/]the damned united[/url] spawn2 movie http://moviestrawberry.com/films/film_the_gift/ stand out lyrics a goofy movie
watch the movie a good year online [url=http://moviestrawberry.com/films/film_slide_donald_slide/]slide donald slide[/url] transformers full movie http://moviestrawberry.com/hqmoviesbygenres/download-genre_thriller-movies/?page=23 bloodsport movie

Anonymous said...

columbus drive end movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_sisters/]sisters[/url] movie trailer the incredibles http://moviestrawberry.com/hqmoviesbygenres/download-genre_drama-movies/?page=5 ashlynn brooke movie
movie camera angles [url=http://moviestrawberry.com/films/film_a_very_special_love/]a very special love[/url] glenn ellyn movie theatre http://moviestrawberry.com/films/film_picture_this/ movie about flying beds and magic staff
family stone movie stills [url=http://moviestrawberry.com/films/film_jekyll/]jekyll[/url] songs of movie criminal
pandora dreams free movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_west_side_story/]west side story[/url] ice skating movie http://moviestrawberry.com/films/film_the_lost_jungle/ camp movie download
music used in the movie kickin it old skool [url=http://moviestrawberry.com/films/film_hellraiser_deader/]hellraiser deader[/url] how to down a movie from youtube http://moviestrawberry.com/genres/incredible_variety_of_films/?page=10 movie party favorws

Anonymous said...

teen rape movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film__70/] 70[/url] the invasion new movie http://moviestrawberry.com/films/film_africa/ rings 2005 horror movie download
movie print fabric [url=http://moviestrawberry.com/films/film_8mm_2/]8mm 2[/url] movie blank guns http://moviestrawberry.com/hqmoviesbyyear/year_2003_high-quality-movies/?page=4 tender mercies movie
dream girls movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_10_000_bc/]10 000 bc[/url] roswell nm movie theatre
pumpkin from halloween movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_thing_below/]the thing below[/url] women asain movie stars http://moviestrawberry.com/films/film_little_hiawatha/ gay movie dome
the former mustang drive in in al in a movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_casino_royale_70/]casino royale 70[/url] huggabunch movie http://moviestrawberry.com/films/film_karma_confessions_and_holi/ charles lawson movie

Anonymous said...

john santiago burt dellinger movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_unborn/]the unborn[/url] beetlejuice movie http://moviestrawberry.com/hqmoviesbygenres/download-genre_comedy-movies/?page=2 straight heads movie review
free willy movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_house_of_fear/]the house of fear[/url] tenacious d movie trailer http://moviestrawberry.com/hqmoviesbyyear/year_1988_high-quality-movies/?page=2 information movie database
movie quote beanie give me the suns [url=http://moviestrawberry.com/films/film_trust_the_man/]trust the man[/url] clarksburg movie theater
the simpson movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_sometimes_they_come_back/]sometimes they come back[/url] movie purpose audio http://moviestrawberry.com/films/film_black_dog/ movie auditions for teens in my area
skin dancers movie script [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_looking_glass_war/]the looking glass war[/url] alex devine movie swallowthisbitch http://moviestrawberry.com/films/film_rick/ footloose movie clips