27 February 2008

BERITA 27 FEB 2008

Karangasem Persiapkan Tawur Kesanga.....
Penipuan Lewat Ponsel Kembali Menelan Korban....
Diseruduk Supra istri Bule sekarat...
Ratusan Botol Arak Disita Petugas....

Karangasem Persiapkan Tawur Kesanga Penyepian


AMLAPURA – Menjelang perayaan Nyepi tahunn Caka 1930 yang jatuh pada 7 Maret 2008 mendatang,yang diawali dengan Tawur Kesangan secara menyeluruh seluruh Bali ,untuk di Karangasem serangkaian persiapan telah mulai dilakukan diantaranya sejak Jumat(22/2) Lalu dengan melakukan Nyukat Genah rangkaian Tabuh Gentuh untuk Tawur Kesanga yang dipastikan ndigelar di Lapangan Candrabuawana Amlapura. Upacara Nyukat Genah itu dipuput oleh Ida Pedanda Gede Pasuruan dari Geria Sibetan- Bebandem, dihadiri oleh Wakil Bupati Karangasem, Drs. I Gusti Lanang Rai bersama Panitia Tabuh Gentuh Tawur Kesanga tahun 2008.


Ritual dimaksud berupa pengukuran tempat dengan ukuran satuan depa (ukuran rentangan kedua tangan), Asta (dari ujung jari sampai siku), Amusti (dari ujung jari sampai pergelangan tangan). Untuk ukuran dari Timur Laut ke Tenggara memakai kelipatan 13 satuan ukuran ditambah dengan pengurip. Sedangkan untuk ukuran dari Timur Laut ke Barat Laut memakai kelipatan 12 satuan ukuran.


Dijelaskan Ketua Panitia yang juga Sekda Kabupaen Karangasem I Made Madri, SH, M.Si.Rabu(27/2), eedan(rangkaian ) pelaksanaan Tabuh Gentuh Tawur Kesangan diawali dengan nyukat genah pada tanggal Jumat lalu, selanjutnya pada tanggal 3 Maret 2008 mendatang ,akan dilangsungkan upacara Ngaturang Piuning, ngaturan pecaruan serta mendak tirta di Pura Kahyangan Desa Desa Pakraman Karangasem, Pura Jagatnatha dan Pura Beskih.

Selanjutnya terang Madri, pada tanggal 5 Maret 2008 mendatang digelar Upacara Melaspas, Mepepada dan Memben.


"Puncak dari Tawur itu akan diselenggarakan pada Tileming kesangan,Kamis(6/3) mendatang. sedangkan akhir eedan tawur kesangan digelar 3 hari setelahnya dengan rangkaian upacara Nyenuk yakni pada Minggu(9 /3) mendatang .Ritual itu sekaligus mengakhiri seluruh rangkaian Tabuh Gentuh Tawur Kesanga pada tahun ini " Terang Madri. (Karta)


Penipuan Lewat Ponsel Kembali Menelan Korban


AMLAPURA-Penipuan lewat ponsel yang terkesan sudah basi ternyata kembali menelan korban , kali ini Ni Luh Manis (21) warga Banjar Gamongan, Tiing tali, Abang.Karangasem, Kendati korban berstatus Mahasiswi ternyata penipu lewat ponsel yang tidak Ia kenal itu dengan mudah memperdayanya,akibatnya korban menderita kerugian mencapai Rp.7,5 Juta .


Informasi yang dhimpun media ini, korban awalnya menerima telepon dari seseorang yang tidak Ia kenal dan mengabarkan telah mendapat hadiah Jupiter MX dari PT.Promo.Disampaikannya dalam telpon agar Hadiah sepeda motor itu bisa segera dikirim kerumahnya ,korban diminta memenuhi beberapa persyaratan diantaranya agar lebih meyakinkan, korban disuruh membuat foto copy KTP sebanyak 4 Lembar.Selanjutnya pelaku juga menyuruh mengirimkan voucer XL Bebas 10 yang harganya @ 11.000 sebanyak 2 lembar


Setelah permintaan awal terpenuhi, korban ditelpon kembali agar pergi ke konter HP terdekat. Atas permintaan itu korban sedikitpun tidak merasa curiga, Ia lantas pergi ke konter XL kita,yang berlokasi di lintasan Jalan Gajahmada, Amlapura. Setibanya dikonter yang dituju itu korban kembali disuruh mengirim pulsa dua kali sebesar @ Rp.100.000.Selanjutnya korban disarankan mengirimkan 31 lembar Voucer seharga @ 50.Ribu,berturut-turut 14 lembar kartu AS @25 Ribu,8 lembar isi 50 ribu,6 lembar Voucer @ Rp 50.ribu,38 lembar XL Elektrik @100 Ribu.


Semua permintaan dari penelpon itu disuruh mengirim ke Nomer HP yang ditentukan oleh penelpon tidak tanggung-tanggung sebanyak 8 Kali.Setelah semua transaksi selesai ,giliran korban menghubungi nomer tadi untuk konfirmasi penerimaan hadian Sepeda Motor yang dijanjikan itu sudah tidak bisa dihubungi. Saat itu barulah Ia menyadari telah ditipu , dalam keadaan bingung bercampur panik itu, korban melaporkan kasus yang Ia alami ke Polisi.


Pahumas Polres Karangasem, Kompol I Wayan Soerdjana saat dikonfirmasi seijin Kapolres, Rabu Kemarin membenarkan adanya laporan penipuan lewat Ponsel dengan korban Luh Manis. Korban disebutkan Pahumas tergiur dengan iming-iming hadiah yang dijanjikan oleh orang yang tidak dikenal ,dalam kesempatan itu Pahumas juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu mewaspadai iming-iming yang dikirim lewat ponsel terlebih hal itu sudah kerap terjadi dan beberapa kali menelan korban termasuk di Karangasem. (Karta)


Diseruduk Supra Istri Bule Sekarat


AMLAPURA-Lakalantas terjadi di lintasan kota Amlapura tepatnya di Jalan Simpang empat Candra bhuwana, antara SPM Supra X 125, DK 4986 X yang dikendarai I Wayan Kora(17) asal Dusun Asah teben, Datah, Abang yang membonceng I Gede Juwita(17) dengan SPM Kymco DK 2096 yang dikendarai Ida ayu eka gangga Dewi(26) asal BTN Taman Asri,Subagan membonceng Ferdinan Johan Noya(66) warga Belanda,suaminya .


Informasi yang dihimpun ,kejadian lakalantas itu terjadi pada ,Selasa(26/2) sekitar pkl 13.00 Wita. Pengendara kymco datang dari arah timur menuju candra buana pada saat bersamaan datang Sepeda motor Honda Supra datang dari arah selatan ,kecelakaan akhirnya tak bisa dielakkan.


Akibatnya,Dayu Eka (pengendara Kymco) mengalami bengkak pipi kanan,lecet pada dahi ,dan pingsan ditempat, Iapun harus dirujuk ke RSUP Sanglah, sementara yang dibonceng Johan Noya mengalami luka lecet pada sikut dan jari tangan. Ia hanya dirujuk ke RSUD Amlapura .

Menurut Pahumas Polres Karangasem, Kompol I Wayan Soerdjana,saat dikonfirmasi, seijin Kapolres ,Rabu(27/2) ,Penyebab laka lantas tersebut karena kelalaian pengendara sepeda motor supra yang kurang memperhatikan datangnya kendaraan lain dari arah berlawanan. (Karta)


Ratusan Botol Arak Disita Petugas


SIDEMEN—Jajaran Polres Karangasem menjelang perayaan Nyepi ini makin getol membrangus peredaran miras tanpa ijin ,Sabtu Kemarin tim Buser Polres Karangasem berhasil menangkap penjual arak yang kuat diduga sebagai pengepul arak di Dusun Sindu, Sidemen. Karangasem ,


Selain menangkap sopir Nyoman Widiastra (35) warga asal Dusun Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Selat berikut barang bukti berupa sebuah mobil Daihatsu Esspas Biru DK 9293 SA ,petugas juga mengamankan ratusan liter arak yang kini diamankan di Mapolres Karangasem.


Informasi penangkapan sebagai mana dibenarkan Pahumas Polres Karangasem, kompol I Wayan soerdjana ,seijin Kapolres Karangasem, , bermula dari patroli rutin yang dilakukan tim Buser Polres Karangasem. sekitar pukul 16.00 wita petugas berhasil menangkap korban yang saat itu kedapatan membawa 7 buah jirigan arak, tiga jiringan masing masing dengan kapasitas 45 botol dan empat jirigan lainya dengan kapasitas 30 botol. Total miras yang berhasil diamankan mencapai 255 botol.


"Saat petugas melakukan pemeriksaan yang bersangkutan tidak berhasil menunjukkan surat-surat ijin peredaran miras itu,saat itu juga pengemudi berikut barang bukti dibawa ke Mapolres guna penyelidikan lebih lanjut " Terang Pahumas.

Disampaikannya juga, Patroli ini dilakukan untuk menekan predaran arak di Karangasem selain antisifasi menjelang perayaan Nyepi mendatang (Karta)


11 comments:

SMA PGRI 1 AMLAPURA said...

Salam kenal Pak Karta mohon bantuanya tentang pengelolaan Blog..

Anonymous said...

Trimakasih Coment'nya.Kebetulan kita lagi mau menggagas Komunitas Blogger Karangasem.Khususnya kepada kalangan Generasi atau pemula.Kita sama-sama belajar.Saya ada beberapa buku/CD panduan..Dan sebagai perbandingan saya juga telah membikinkan beberapa blog untuk teman diantaranya bisa dikunjungi pada Link Blog di ceritakarta.blogspot.com

amed diverscafe said...

Hai , kami mengundang anda , untuk memanfaatkan hari libur anda , berwisata di Pantai Jemeluk .!
Ini tempat yang sangat baik untuk melakukan berenag sambil melihat trumbukarang , dan ikan hiyas.
www.balidiverscafe.com

amed diverscafe said...

Hai , kami mengundang anda , untuk memanfaatkan hari libur anda , berwisata di Pantai Jemeluk .!
Ini tempat yang sangat baik untuk melakukan berenag sambil melihat trumbukarang , dan ikan hiyas.
www.balidiverscafe.com

Anonymous said...

Museam's, churches, forests, in little towns or cottage's, in caves, or near volocanoes... [url=http://www.2012canadagoosepascher.fr]Canada Goose Pas Cher[/url] a lot of people like living where they do. Somewhat less than a million of those people are full citizens, with an additional population consisting of temporary workers, mostly from the Unites States, Canada or the mainland of Russia. Canadian Labour Congress (CLC)Nationwide association of labour unions in Canada.
per day, by the middle of the next decade.. [url=http://www.icanadagooseca.com]canada goose outlet[/url] Styles are romantic yet edgy, mixing denim and lace. [url=http://officialcanadagoosesoutlet.ca]canada goose[/url]
[url=http://flyballbags.com]canada goose toronto factory[/url] Its programmes include medical and social assistance, disaster relief in the case of armed conflicts and natural catastrophes, emergency services and first aid corps, help for the elderly, the handicapped and children in need and the provision of first aid training, and support for refugees and internally displaced persons regardless of race, origin or religion. [url=http://www.onlinebeatsbydreoutlet.com]monster beats pro detox limited edition[/url]

Anonymous said...

The coaches give the PA the outline of what to work on with the level they are helping with so that the children will be busy learning even when it is not their time with the club coach. [url=http://www.vanessasac.com]vanessa bruno Pas Cher[/url] If this bridge is built, let's hope that it's a repeat. On sunday was time to say goodbye again and it was not to easy although I saw the most of them only two times they got friends.. When I got my goody bag my eyes lit up because I didn't expect it to be the full and heavy.
Ted the Canadian Tire Guy crept into the national consciousness of Canada gradually. [url=http://www.icanadagooseca.com]canada goose jackets[/url] Road Law in the UK came into play in 1903 with what was called the Motor Car Act and then over the century new laws would come into play as the number of cars and auto vehicles increased. [url=http://officialcanadagoosesoutlet.ca]canada goose for sale[/url]
[url=http://flyballbags.com]canada goose outlet toronto[/url] Its programmes include medical and social assistance, disaster relief in the case of armed conflicts and natural catastrophes, emergency services and first aid corps, help for the elderly, the handicapped and children in need and the provision of first aid training, and support for refugees and internally displaced persons regardless of race, origin or religion. [url=http://www.onlinebeatsbydreoutlet.com]beats by dre urbeats vs ibeats[/url]

Anonymous said...

Is it not very fine? ALL SNAILMAILPENPALS ARE WELCOME!!! I WILL ANSWER ALL. http://officialcanadagoosesoutlet.ca Meanwhile it would let the animals live in their native habitat, but be observable to the public similar to a zoo. Moreover, lots of of the most considerable builders are displaying substantial variety from the form of development they undertake.. Mazda promotes their vehicles in educational institution with knowledge that it generates high volumes of traffic.
They are Solomon Grundy, Sinestro, Dr. [url=http://www.icanadagooseca.com]canada goose jackets[/url] They can easily place their order and the drugs will be delivered, or shall we say smuggled, a few days or weeks after.. [url=http://officialcanadagoosesoutlet.ca]canada goose for sale[/url]
[url=http://flyballbags.com]canada goose outlet toronto[/url] Later he opened a boutique in Paris, luring clients in by providing them totally free coffee, but this program worked as he began attracting a prestigious clientele - because of his gorgeous shoes, not the coffee! Soon other sellers wanted to sell his shoes and he soon had a following in America. [url=http://www.onlinebeatsbydreoutlet.com]beats by dre pro black friday sale[/url]

Anonymous said...

Those data mean that the D60 is not really a digital camera. [url=http://www.2012canadagoosepascher.fr]Canada Goose[/url] The fix here is to weld the hole shut and redrill in the correct location. Even after expending time and effort taking the province, you may find that it supports your opponents. The Mid-Atlantic Regionconsists of the states Maryland, Virginia, Delaware, Pennsylvania, and North Carolina.
Now it's time for some adult fun. [url=http://www.icanadagooseca.com]canada goose outlet[/url] Although there can be various reasons why you'd like to search for creative homemade teacher gift ideas, such as retirement, Teacher's Appreciation Day, or something else, the sentiments are same. [url=http://officialcanadagoosesoutlet.ca]canada goose sale[/url]
[url=http://flyballbags.com]canada goose jacket[/url] And although this cross-quarter coordinate, midway between the autumn equinox and the winter solstice, was formerly honored with a festival of the dead known as Samhain by Celtic cultures, this practice was later adopted into the Christian tradition as All Saints Day and All Souls Day preceded by All Hallows Eve, or Hallowe Therefore it's no great surprize that the Christian saints who are honored in the run-up to this solar alignment are bestowed with appropriately gruesome stories of their demise. [url=http://www.onlinebeatsbydreoutlet.com]beats by dre wholesale australia[/url]

Anonymous said...

Now much more than ever, ugg bailey button is providing new types particularly designed for those cold fall nights. [url=http://www.vanessasac.com]cabas vanessa bruno[/url] Something we should remember when disposing of our waste.. Gold, that barbarous relic, is having a thoroughly modern moment in the spotlight. Six doesn't have time to have fun or make friends; her goal is to survive and bring down all the mogadorians.
She has recorded with Elvin Bishop, Taj Mahal, Buddy Miles, Maria Muldaur, Eddie Money and Country Joe MacDonald. [url=http://www.icanadagooseca.com]canada goose jacket[/url] It is said as a consumer glances through products on the shelf, there is a window of just 1/20 of a second for a product to makes its appeal. http://officialcanadagoosesoutlet.ca
[url=http://flyballbags.com]canada goose toronto factory[/url] These points show that historically, as well as across denominations and churches, Christianity has strategized different ways to with patriarchy Kandiyoti (1988) argues that women, in the face of different patriarchal situations, use aspects in their context to the field of patriarchal relations, thus leading to some arrangements that are in their favor within that patriarchal set-up. [url=http://www.onlinebeatsbydreoutlet.com]beats by dre shopping[/url]

Anonymous said...

Hі Deaг, are you aсtually vіsiting this
web site on а regulaг bаsis, if so then you ωill definitely obtain niсe experіence.


my blog post click through the following web page

Anonymous said...

Good post. I learn something new and challenging on blogs I
stumbleupon on a daily basis. It will always be helpful to read through content from other writers and use a little
something from other sites.

Feel free to surf to my site ... tao of badass