22 October 2009

KUBU TERJANGKIT ANJING GILA

Pembunuhan anjing-anjing liar terus dilakukan diwilayah Kecamatan Kubu sejak beberapa pekan terakhir. Eliminasi anjing liar ini dilakukan menyusul empat orang warga Kubu yang harus menjalani perawatan di RSUP Sanglah dan telah dinyatakan positif terinfeksi rabies.

Akibat kejadian ini, warga Kubu mulai resah dan tidak tahu harus melapor kemana. Masyarakat juga mengeluhkan pelayanan Puskesmas, karena, begitu digigit anjing, warga bersangkutan langsung dirujuk ke RSUP Sanglah. Mereka seperti biasa terkendala masalah biaya. ‘’Kami sangat mengkhawatirkan keadaan ini. Apalgi belakangan anjing di Kubu mulai mengganas’’ujar Gede Surata salah seorang tokoh masyarakat asal Kubu.

Dikatakan, empat warga asal Kubu yang kini harus menjalani perawatan di RSUP Sanglah akibat gigitan si guguk yakni Ni Nyoman Bali asal Tamansari, Tianyar Timur., Nyoman Lempeh asal Tamansari, Tianayar Timur., Gede Sari asal Tegalsari, Tianyar Barat dan Gede Armika asal Dusun Darma Winangun, Tianyar Timur.

Menyikapi kejadian yang meresahkan tersebut, Kadis Peternakan, Kelautan dan Perikanan Karangasem Ir. Nengah Manta Ekayuda mengatakan, pihaknya sudah berusaha melakukan antisifasi. Bahkan, untuk memastikan kejadian yang sebenarnya, pihaknya juga telah mengirimkan sample 4 ekor anjing dikirimkan ke BPTP. ‘’Hasilnya satu ekor telah dinyatakan positif rabies dan tiga ekor lainnya kita masih menunggu hasilnya’’ujar Manta, Kamis (22/10).

Lanjut Manta, untuk Wilayah Kubu, pihaknya juga telah mengeliminasi anjing liar dengan menggunakan racun yang dilakukan oleh tim penanggulangan rabies. Hingga saat ini, populasi anjing di Kubu terilang padat yakni mencapai 44 ribu ekor.

Secara terpisah, Kadis Kesehatan Karangasem Dr. Tirtayana meminta kepada masyarakat yang terkena gigitan anjing agar langsung membersihkannya didalam air yang mengalir dan memberikannya deterjen selama 15 menit. ‘’Setelah itu dilakukan baru berikan obat merah lanjut membawanya ke Puskesmas untuk dimintakan vaksin’’ujarnya.

Informasi masyarakat sekitarnya, prilaku aneh anjing di wilayah Kubu mulai terjadi sejak minggu-minggu terakhir ini. Bahkan di Tulamben, seorang anak yang tidur-tiduran diatas bangku langsung digigit anjing yang datangnya tiba-tiba. Untunglah kejadian tersebut tidak berakibat fatal. (Kontributor Jingga)

No comments: