19 May 2009

BEBANDEM JADI DUTA KARANGASEM


AMLAPURA—Desa Bebandem terpilih sebagai duta Karangasem dalam lomba Desa tingkap Kabupatan. Sektor unggulan di bidang pertanian, kerajinan anyaman dan kerajinan Pande Besi akan dijadikan andalan

Menurut Kepala Desa Bebendem I Gde Partadana SH mengaku akan berusaha optimal dalam lomba kali ini. Dipaparkan Desa Bebandem punya keunggulan tersendiri yang akan ditampilkan dalam lomba kali ini. Diantaranya adalah menghandalkan potensi ekonomi kerakyatan.

Dibidang anyaman, selaian bambu, Atte juga menjadi handalan Desa tradisional tersebut. Selain itu yang tidak kalah penting adalah home industri berupa pembuatan jajanan tradisional di Bebandem.

“Kita memiliki produk Kue atau panganan Bali di Banjar Tohpati Sentralnya ,” ujarnya.
Sementara dibidang ekonomi Bebandem memiliki keunggulan tersendiri terutama Pasar tradisional bebandem yang sangat terkenal. Selaian pasar tradisional Pasar Hewan bebendem juga sangat menunjang potensi Desa ini. Malah Desa Bebendem kata Partadana selalu dikenal dengan Pasar Hewannya.

”Pasar Hewan ini merupakan pasar tua dan terbesar di Karangasem. Sampai saat ini pasar tersebut masih sangat eksis. Bahkan belakangan ini mampu bersaing dengan baik diantara himpitan pasar pasar hewan baru seperti Pasar Hewan Pempatan, Rendang.” Lanjutnya
Bebendem juga cukupmemiliki KUD yang cukup maju. Dan LPD yang berkembang sangat baik bersama dengan sektor jasa lainya

Desa yang berpenduduk 9.700 jiwa ini sekitar 120 persen masih merupakan rumah tangga miskin. Untuk KK miskin tersebar hampir merata di 12 Dusun yakni Dusun Jungsri, Kayu Putih, Kastala, Tohpati, Pande Besi, Dukuh, Liligundi, Tiingan Kangin, Tiingan Kauh, Tiingan Seke, Desa dan Tengah Desa.
Saat ini Desa Bebandem mulai mendapat evaluasi on the spot ke lapangan oleh 20 orang tim Lomba Desa termasuk Bidang Toga dan BKB Propinsi Bali.
Menurut tim penilai kegiatan lomba Desa seperti ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat dinamika pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa. (Karta W)

No comments: