16 November 2008

SANGGAR SURYA CANDRA NGELAWANG KEDESA-DESA

KARANGASEM-Guna mencapai misi pelestarian seni budaya Sanggar Seni Budaya Surya Chandra Puri Gede Karangasem kini menyasar desa-desa untuk menampilkan hasil pendidikan seni budaya tari terutama dalam menyemarakkan pelaksanaan upacara-upacara adat di Pura-Pura Kahyangan Tiga.

Pelatih tari Ni Made Suradnyani, S.sos,Jumat (16/11) Mengatakan kegiatan ngaturang sesolahan ke desa-desa dalam rangkaian upacara adat yang acapkali disebut ngelawang. Ngelawang seni itu mendatangi desa-desa untuk menampilkan hiburan seni tari yang sudah dikuasai Sanggar Surya Chandra. Desa Adat tatkala melaksanakan prosesi upacara adat merupakan saat tepat untuk menjalin kerjasama menyampaikan misi kesenian, disamping untuk memperkuat hubungan ke masyarakat bagi keberadaan sanggar.

Penasehat sanggar A.A.Ngurah Bagus, SH, MM mengaku, sangat senang dengan adanya kerjasama pementasan tari hasil didikan sanggar dengan desa-desa adat. Justru kesempatan itu merupakan moment efektif untuk mentransformasikan kegemaran dan kecintaan terhadap seni budaya Bali di tengah masyarakat adat. Disamping merupakan hiburan juga memperkenalkan sanggar Surya Chandra agar tidak terkesan elit hanya untuk kalangan tertentu, padahal desa adat merupakan basis utama pelestari seni budaya Bali yang selayaknya digarap dan dibina. (Karta W)

No comments: