18 September 2008

PEMKAB GELAR MUTASI BESAR-BESARAN

AMLAPURA-Bupati Karangasem I Wayan Geredeg ,Selasa (16/9) lalu menggelar mutasi besar-besaran serta melantik 634 pejabat dilingkungan Pemkab. Karangasem yang dipusatkan di Gedung Kesenian Amlapura .Pelantikan itu diawali proses mejaya-jaya yang dipuput Ida Pedanda Oka Jelantik dari Geria Jelantik Budakeling.

“Mutasi yang sebelumnya sudah santer dikalangan Pemkab Karangasem, terkait konskwensi pelaksanaan PP. No. 41 tahun 2007 yang sudah ditindaklanjuti dalam bentuk Perda No 7 tahun 2008 tentang Kelembagaan Perangkat Daerah, sekaligus mengamanatkan paling lambat dalam waktu 6 bulan sejak Perda ditetapkan, kelembagaan baru sudah harus dilaksanakan.” Terang Plt.Kabag Humas,Nyoman Wage

Mutasi besar-besaran dilingkungan Pemkab. Karangasem diisi dengan pembacaan Surat Keputusan No 824/5020/BKD secara singkat oleh Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah AA Gde Agung Rama Putra, SE , Pembacaan Doa dihadiri Ketua DPRD I Wayan Sukadana, S.sos dan Wakil Bupati Drs. I Gusti Lanang Rai.

Dalam mutasi kali ini dilakukan rotasi terhadap seluruh pejabat eselon II, III, IV serta eselon v, antara lain Sekda I Made Madri, SH, M.si, Kepala Dinas Perhubungan I Ketut Sadia, Bsc, Kadiskop UKM Ir Pande Gede Ardita, Kadis Capil Kependuk dan KB Drs. I Ketut Dharmawa dan Kadisbudpat Drs. I Nengah Parwatha, SH, M.si dimutasi ke jabatan baru sebagai Staf Ahli Bupati. Sementara pos yang ditinggalkan diisi masing-masing Sekda dijabat Plt. Drs. I Nengah Sudarsa, M.si, Kadiskop dijabat Ir I Wayan Supandi, Kadis Perhubungan dipercayakan kepada Drs. I Made Sosiawan, Kadis Capil Kependuk dan KB digantikan Drs. I GN Swetha, M.si, Kadisbudpar dijabat I Made Sudiarsa, S.sos.

Sementara 2 jabatan Kepala Dinas yang baru yakni Kadis Kebersihan dan Pertamanan dijabat I Drs. I Made Putu Arianta, M.Kes, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi dijabat oleh Drs. I Gusti Ngurah Swetha, M.si. Sementara Kepala Bappeda yang ditinggalkan Ir I Nyoman Sukamara, CES dipegang mantan Ass II I Wayan Arthadipa, SH, MH, Irwilkab dipegang Drs I Made Bagiada, MM, Badan kesbang Linmas dipegang Drs. I Nengah Suartika mantan Kabag. Pemerintahan, Kepala Badan Pemberdasyaan Perempuan dan KB diisi Dra. Sundariningsih yang mantan Ka.Kan.Kesos yang beralih menjadi Badan dijabat Ida Bagus Wayan Jungutan, S.sos.

Kadispenda dijabat Ir. I Gede Adnya Mulyadi, MM mantan Ka.BPKD yang berganti menjadi Ka.Bag. Keuangan dijabat Drs. I Wayan Sudarsana. Kadisprindag dijabat Ni Ketut Puspakumari, SH, M.si, Kadis Perhubungan dijabat Drs. I Made Sosiawan, Kepala BKD dijabat mantan KasatPol PP Drs. I Wayan Miasa digantikan Ida Bagus Anom Suryadharma, S.sos, Kadis Kependudukan dijabat Drs. I Made Wirawan

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg usai mengambil sumpah jabatan serta melantik 600 pejabat berikut menyaksikan penandatangan berita acara pelantikan, mengatakan, PNS sebagai unsur utama SDM aparatur negara mempunyai peranan menentukan keberhasilan pemerintahan dan pembangunan serta mampu memberikan pelayaan kepada masyarakat secara professional, bertanggung jawab, jujur, adil dan merata.

“Aparatur yang mempunyai kompetensi diindikasikan dari sikap dan prilaku yang penuh kesetiaan, bermoral dan bermental baik, professional sadar terhadap tanggung jawab sebagai pelayanan publik yang diupayakan melalui pembinaan aparatur berdasarkan sistim karir dan prestasi kerja. Hal ini memberi peluang bagi PNS untuk berprestasi lebih tinggi dalam rangka meningkatkan kemampuannya secara professional dan berkompetisi secara sehat.” Urai Bupati

“Mutasi jabatan dalam organisasi pemerintahan merupakan upaya pembinaan aparatur dalam pengembangan karir dan penyegaran suasana kerja dengan harapan kinerja para pejabat dapat lebih ditingkatkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.” Imbuhnya

Proses pengisian struktur kelembagaan pemerintah Kab. Karangasem sesuai Surat Keputusan Bupati Karangasem Nomor : 824/5020/BKD disebutkannya telah mengacu pada ketentuan yang ada dengan melibatkan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan dengan tetap berpegang prestasi kerja, dedikasi, loyalitas, disiplin, mental pegawai yang bersangkutan, pendidikan dan bukan berdasarkan suka tidak suka serta kepentingan kelompok tertentu.

Kepada pejabat yang dilantik, Bupati Geredeg berpesan bahwa jabatan bukan hak melainkan kepercayan sehingga harus diemban dengan penuh tanggung jawab. Memfungsikan staf secara proporsional untuk mengkoordinasikan tugas kedinasan secara baik, menghindari adanya stagnasi tugas terutama menyangkut pelayanan masyarakat, laksanakan ikrar sumpah jabatan serta senantiasa meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.
Ia juga meminta segenap jajaran PNS yang memangku jabatan menunjukkan disiplin, kerjasama, prakarsa, dedikasi dan loyalitas dalam melaksanakan tugas kedinasan serta menumbuhkembangkan rasa persatuan dilingkungan unit kerja, seraya menunjukkan kemampuan sepenuh hati yang akan selalu dievaluasi untuk kepentingan promosi jabatan. (Karta)

No comments: