15 September 2008

MALING NEKAT GASAK KABEL DI KAPAL

PADANGBAY-Aksi pencurian yang terjadi pada Minggu(14/9) sekitar pukul 09.40lalu terbilang nekat Ia beraksi menggasak kabel las di dalam Kapal(KMP) Darma Kosala yang sedang nyandar di Pelabuhan Padangbai.

Terbongkarnya kasus pencurian kabel yang melekat pada tubuh kapal itu berawal dari pemeriksaan rutin kendaraan yang dilakukan di pintu keluar pelabuhan oleh petugas Polsektif KP3 Padangbai, tanpa sengaja petugas menemukan gulungan kabel di atas ban serep truk bernopol L 7791 TD.

Karena terlihat mencurigakan, aparat lalu mengamankan kabel tersebut, berikut memeriksa sopirnya. Dari hasil pemeriksaan itu tak ada indikasi mengarah pada sopir truk sebagai palakunya, Petugas hanya mengamankan barang bukti kabel sepanjang 34 meter.

Berdasarkan laporan pihak pemilik kapal yakni PT. Darma Lautan Utama, petugas kemudian mengadakan penyelidikan di dalam kapal. Ternyata benar adanya , kabel yang berada di ruang mesin telah raib diduga dicuri dengan cara dipotong pada minggu dini hari saat kapal dalam pelayaran dari Pelabuhan Lembar, Lombok menuju Bali.

Pahumas Polres Karangasem, Kompol Wayan Soejarna, seijin Kapolres, AKBP Istiyono,saat dikonfirmasi Senin(15/9) membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, Dari hasil penyelidikan, diduga kuat pelakunya adalah salah seorang penumpang kapal.
“Kabel ditaruh diban serep truk tak lain diperkirajkan lantaran pelaku berusaha menutupi aksinya.Kuat dugaannya Ia sudah keluar lebih dulu karena melihat ketatnya pemeriksaan “ Ujarnya

“Saat ini barang bukti kabel masih diamankan di Mapolsektif KP3 Padangbai untuk penyelidikan lebih lanjut. ‘’ Ibunya (Karta)

No comments: