08 September 2008

KARANGASEM KEBAGIAN 105 UNIT LISTRIK TENAGA SURYA

AMLAPURA-Kucuran bantuan pusat untuk kabupaten tertinggal Karangasem nampak kian mengalami peningkatan ,memasuki bulan September ini ,Kementrian Pemberdayaan Daerah tertinggal (PDT) RI atas usulan Pemkab Karangasem akhirnya merealisir bantuan berupa 105 unit Listrik Tenaga Surya (Solat Home System) yang dialokasikan untuk daerah pedalaman tepatnya di Dusun Cegi dan Pengalusan Desa Ban Kecamatan Kubu. Bantuan tersebut kini telah terpasang lewat agen perwakilan distributor PT . Citra Ton Dwitama.

“Bantuan yang dikordinasikan oleh Bappeda Karangasem dan Bagian Ekonomi Setda Kab Karangasem diarahakan ke dua Dusun terpencil di Desa Ban guna membantu masyarakat dalam memperoleh penerangan listrik.” Terang Nyoman Wage Plt.Kabag Humas Karangasem ,Senin(8/9).

Bantuan listrik tenaga surya itu mendapat rekspon positif dari warga setempat ,seperti diakui Bendesa AdatBan, I Wayan Yasa dan Kadus Cegi I Ketut Rapet, menurutnya bantuan program penerangan listrik melalui pola solar sel / panel listrik tenaga surya, sangat membantu warga dalam memperoleh penerangan mengingat sejauh ini masih ada yang belum tealiri listrik kabel .”Kita sangat bersyukur dan berterimakasih kepada pemerintah yang telah memperjuangkan listrik tenaga surya ke desa kami hal ini sangat membantu warga terutama pelajar maupun ibu-ibu yang memiliki anak kecil “ Ujar Bendesa adat Yasa

Sebelumnya, disebutkan Yasa, warga Cegi yang merupakan Dusun paling atas di Desa Ban hanya mengandalkan penerangan lampu minyak /lampu sentir namun kini sudah bisa menikmati penerangan dengan lampu listrik. Warga Dusun Cegi yang menggantungkan hidupnya dari bidang peternakan, pertanian lahan kering dan ketrampilann anyaman lontar, menjual hasil buminya ke Pasar Menange Rendang dan ke Pasar Tukad Belatung Desa Ban.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS “El Sol) yang kerap disebut Solar Home Sistem merupakan karya distributor PT. Citra Ton Dwitama, dimana cara kerjanya dapat mengubah potensi energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan daya maksimum 50 Wp Arus Daya Maksimum 2,91 A, Arus Hubungan singkat 3,25 A.

Sedangkan tenaga Kerja Buka mencapai Voc 21,75 V dengan Tegangan nominal 17,24 V berdimensi 660X660X40, serta suhu kerja 40-50 derajat celsius dengan berat bersih 5,5KG. Peralatan SHS juga dilengkapi Box Control, mengatur pengisian energi listrik ke Battray tipe Panasonic, Masiiv atau setara N70 dengan kapasitas 70 Ah – 12 VDC, masuk ke Lampu DC Lighting mengubah arus listrik menjadi energi cahaya (Karta W)

No comments: