14 August 2008

MESKI BIKIN MACET GERAK JALAN HUT-RI TETAP JADI HIBURAN WARGA KOTA

AMLAPURA-Setiap menyambut perayaan tujuh belas agustusanHUT_RI) selalu diikuti dengan Lomba Gerak jalan sebagaimana juga didaerah-daerah lain. Khusus di Karangasem dalam pantauan media ini aktifitas gerak jalan mulai dari tingkat SD yang dilaksanakan 8 Agustus lalu yang diikuti 40 peserta, SD putri 47 peserta, disusul tingkat SMP putra 35 peserta, SMP putri sebanyak 49 peserta, SMA putra sebanyak 32 peserta, SMA putri sejumlah 30 peserta, Gerak Jalan 8 Km umum putri sebanyak 27 peserta, GJ 17 Km Umum putra sejumlah 29 peserta,yang berlangsung Rabu(13/8) serta ajang gerak jalan yang paling ditunggu yakni Gerak Jalan 45 Km yang akan berlangsung pada 16/8 mendatang yang dipastikan akan diikuti 44 peserta.

Meski setiap perhelatan Gerak jalan ini selalu menimbulkan kemacetan diruas-ruas jalan umum yang dilalui namun disisi lain sebagian besar warga justru menikmati moment-moment seperti itu sebagai bagian dari hiburan ,hal itu terbukti hampir disetiap ruas jalan yang dilalui barisan gerak jalan ini dipadati warga tua muda yang sengaja turun menyaksikan maupun memberi semangat para peserta yang berlaga.

Kondisi demikian juga diakui Kabid Binmudora I Gusti Lanang Ngurah mengatakan, menurutnya Lomba gerak jalan memang digemari dan menjadi hiburan segar bagi warga Kota Amlapura, bahkan penontonya tidak jarang berdatangan dari luar kota.

“Memang disatu sisi kegiatan gerak jalan ini menimbulkan kemacetan ,tapi disisi lain hal ini sangat menghibur warga masyarakat kota dan sekitarnya malahan ajang gerak jalan 45 yang menjadi puncak dari aktifitas ini sudah ditunggu-tunggu oleh warga masyarakat sebagaimana layaknya merayakan pesta mterlebih pelaksanaan gerak jalan panjang ini melalui banyak desa dan berlangsung dari sore hingga larut malam.Demi itu warga rela menunggu dan bergadang yang jelas seperti pelaksanaan sebelumnya hal itu disambut antusias dan sangat meriah “ Ujarnya optimis. (Karta W)

No comments: