11 August 2008

JELANG PUNCAK KARYA DI LEMPUYANG PENGHAYAH MEMBLUDAK

ABANG-Menjelang Puncak Karya Piodalan Lan Padudusan di Pura Kahyangan Lempuyang Luhur yang jatuh pada tanggal 21 Agustus 08 mendatang, panitia Karya terus melaksanakan persiapan khususnya pada bagian perlengkapan Upakara.

Ketua Umum Karya I Putu Aryawan, Bsc, menginformasikan memasuki persiapan pelaksanaan karya masyarakat nampak antusias ngayah(Kerja bakti) tercatat dalam setiap harnya bisa mencapai 800 orang..

“Kekuatan inti krama pengayah yang ditopang warga sekitar pengempon pura seperti krama Desa Adat Purwayu, Ngis, Tista, Basangalas, Gamongan secara bergiliran didukung krama dari luar daerah terutama dari berbagai organisasi, sekolah serta partisipan dari Desa-Desa Adat lainnya.” Terangnya

Dalam pantauan media ini berbagai aktifitas menyambut puncak karya telah digarap antara lain pembuatan berbagai sarana - prasarana upakara seperti piranti tawur, catur, nyuci maupun kelengkapan lain seperti klatkat, jejahitan dan metanding.
Selain dari berbagai organisasi maupun sekolah , semeton Kepolisin Resort Karangasem turut serta melaksanakan kebersihan / Mereresik.

Saat ini dijelaskan Aryawan penyelesaian sarana upakara sudah mencapai 70 % termasuk persiapan pisik tempat-tempat upakara pada 5 lokasi upacara antara lain Pesimpenan, Penataran, Telaga Mas, Pasar Agung, Puncak Luhur sebagai satu rangkaian pelaksanaan upakara.

Panitia lain,I Made Jati mengatakan masih ada sejumlah perlengkapan upakara yang masih kurang antara lain Kambing 2 ekor, Penyu 2 ekor, Petu 1 ekor, Angsa 1 ekor, Bawi untuk upakara 5 ekor, Bebek 1700 ekor serta Pisang Maadan dan perlengkapan yang terbilang dan langka lainnya .

Namun pihak panitia berjanji secepatnya akan mengusahakan termasuk juga memberikan kesempatan kepada warga masyarakat untuk ngayah di Pura yang juga dikenal sebagai salah satu Sad Kahyangan Jagat yang dipercaya sebagai tempat berstananya Ida Betara Hyang Gni Jaya – Manifestasi Dewa Iswara itu.

Panitia juga mengimbau , bagi pemedek yang hendak tangkil ke Pura Lempuyang agar tidak bertepatan dengan Puncak Karya tanggal 21 Agustus 2008, melainkan dipersilahkan memilih pada hari-hari selama Nyejer yakni dari tanggal 22 – 31 Agustus 2008. (Karta W)

No comments: