05 May 2008

KARANGASEM GELAR SEMINAR JANTUNG SEHAT

AMLAPURA(Media Karangasem)
Penyakit jantung koroner (PJK) telah mengalami peningkatan di masyarakat dunia. Banyak faktor yang telah diidentifikasikan memberikan resiko PJK seperti kebiasaan merokok, kurang olahraga, hipertensi, kegemukan, alkohollism, gaya hidup, hal tersebut disampaikan Bupati Karangasem I Wayan Geredeg pada saat membuka seminar Pencegahan Dini Penyakit Jantung Koroner pada Minggu(4/4) bertempat di Wantilan Pemkab Karangasem...

Bupati mengaharapkan kepada masyarakat Karangasem untuk membiasakan hidup sehat dengan tidak mengkomsumsi alkohol secara berlebihan, menghentikan kebiasaan merokok dan membiasakan diri untuk melakukan olah raga. Hal demikian juga dipesankan kepada seluruh staf Pemkab untuk ikut dalam kegiatan Club jantung Sehat Karangasem yang telah secara rutin mengadakan kegiatan .
Kedepan diharapkan Bupati, kegiatan club jantung sehat Karangasem dapat melibatkan seluruh masyarakat guna dapat melakukan pencegahan dini terhadap terjadinya PJK dimaksud.

Ketua Yayasan Jantung Indonesia Karangasem dr. I Gede Parwata Yasa, Sp.OG ditemui disela-sela seminar mengatakan kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Club Jantung Sehat Karangasem dan PT. Askes bertujuan untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap arti pentingnya kesehatan. Disamping acara seminar terlebih dahulu juga dilaksanakan senam jantung sehat dengan menghadirkan instruktur dari Club Jantung Sehat Bali.

Kegiatan Seminar menghadirkan dua orang pembicara yakni dr. I Ketut Rina, Sp.PD, Sp.JP. FIHA dengan makalah Pencegahan Dini Penyakit Jantung Koroner dan dr. Nyoman Mangku Karmaya, M.Repro dengan makalah Masalah Hubungan Seksual dengan Penyakit Jantung. Kegiatan diikuti oleh sekitar 150 orang peserta dari kalangan Club Jantung Sehat Karangasem dan Masyarakat umum.

Sementara itu Wakil Ketua BPD Club Jantung Sehat Bali I Gusti bagus Sidikarya mengatakan Club Jantung Sehat Bali akan secara rutin mengadakan road show kemasing-masing Kabupaten untuk mensosialisasikan keberadaan club jantung sehat. Club Jantung Sehat bukan hanya untuk kalangan tertentu, tetapi diharapakan kepada seluruh lapisan masyarakat. Karangasem merupkan daerah pertama yang dikunjungi karena keberadaan Club Jantung Sehat di Karangasem sangat eksis keberadaannya.

Sebelum acara seminar didahului dengan kegiatan jalan sehat dan senam jantung sehat dihadiri Wabup Karangasem Drs. I Gusti Lanang Rai dan Ny Wayan Geredeg(Karta)

No comments: