20 May 2008

BUDAKELING DIJADIKAN PUSAT PASUPATI BALI

BEBANDEM-Grebeg Aksara memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional, Pada Minggu (19-/5)) dilaksanakan Peluncuran Grebeg di Pusaran Trinadi Desa Adistana di Desa Budakeling Kecamatan Bebandem Karangasem dihadiri 135 utusan.

Upacara ritusal Grebeg Aksara Prasada Menapak Bumi Nusantara ditandai dengan Puncak Acara Memutar Jantung Waktu, meneguhkan janji dan bakti membangun komitment baru yang lebih besar, ditandai dengan Penciptaan Api Parba Jagat, yang diambil dari Pura Goa Garba Datu (Pebaruan Jantung Desa0, Pura Puncak Sari (Simbol Gunung) dan Pura Taman Sari (Pencerahan Timur Raya), dilaksanakan tepat di pertigaan trinadi Desa Budakeling menyatukan simbol Tejomayagni...

Menurut penjelasan Ida Wayan Oka Granoka pemrakarsa acara Grebeg Aksara tersebut menguraikan, persiapan kondisi diwarnai dengan pemurnian dunia fikir dan jagat raya yang dipertaruhkan disetiap perhelatan zaman, didorong ke arah pembangkitan dan perwujudan kalpa baru kejayaan nusantara, Prabaswara Timur Raya, Praba Jagat Nusantara diatas panggung perseteruan kreatif dunia, Praba Jagat Raya.

Acara Peluncuran diawali dengan kegiatan Samadhi Bhawana di puncak bukit pinggan pada pukul 04.00, Pembangkitan Fajar dengan Pemukulan Kentongan pada pukul 06.00, Menyongsong Matahari Pk. 07.00. Tepat pada pukul 12.00 dimulai langkah perjalanan desa parba dari ritus pertigaan Trinadi Desa Budakeling, untuk selanjutnya dilakukan prosesi penciptaan api suci dipimpin Pendeta dan Pemangku Desa.

Selanjutnya Pelepasan Grebeg Aksara Prasada Menapak Bumi Nusantara oleh Buapati Karangasem I Wayan Gredeg diiringi bunyi kentongan tengah hari menuju Gedung Jaya Sabha Denpasar. (Karta Widnyana)

No comments: