10 April 2008

PERCEPAT SASARAN PPK DIKEMBANGKAN JADI PNPM

KARANGASEM(Media Karangasem)-Program gabungan penanggulangan kemiskinan yang lebih dikenal dengan PPK kini kian ditingkatkan efektifitasnya dan dikembangkan menjadi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat(PNPM) Mandiri pedesaan.
Hal tersebut dikemukakan Kadis TKPM ,Drs. I Gusti Ngurah Suwetha ,Msi saat loka karya PNPM mandiri di Amlapura,Rabu(9/4/08),...Disampaikannya tujuan pelaksanaan program tersebut meliputi sosialisasi program Pemda melalui PNPM ,pokok pokok kebijakan,dan strategis program pemberdayaan masyarakat dalam mekanisme PNPM termasuk mencangkup pelaksanaan didaerah,masalah keuangan serta mekanisme pengawasan.
Lokakarya itu sendiri diikuti 80 orang ,terdiri dari Kecamatan 56 orang,dan team teknis PNPM Kabupaten .Pokok materi yang diberikan diantaranya bidang Bawasda,Bappeda dan bidang fasilitator PNPM Kabupaten .
Bupati Karangasem, I Wayan Geredeg,dalam kesemapatan tersebut menyampaikan PNPM memiliki misi antara lain meningkatkan kelembagaan pembangunan partsisipasif,meningkatkan peran pemerintah,peningkatan sarana dan prasarana social ekonomi masyarakat serta pengembangan jaringan kemitraan pembangunan .
“Sejak tahun 2007 program PNPM yang terdiri atas PNPM Mandiri pedesaan,perkotaan dan PNPM wilayah khusus dan desa tertinggal ,mengacu pada keberhasilan PPK sebelumnya baik dibidang pengentasan kemiskinan,maupun penyediaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatn ,terbukti berhasil menumbuhkan kebersamaan dan partisifasi dan menjadi bagian dari tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat “ Ujar Bupati Geredeg
“PNPM memiliki asas dari,oleh dan untuk masyarakat dengan prinsip dasar bertumpu pada pembangunan manusia,otonom,Desentralisasi,orientasi pada masyarakat miskin,partisipasif,kesetaraan dan keadilan gender,demokratis,transparasi ,akuntabel,prioritas dan kelembagaan “ Imbuhnya. (Karta)

No comments: