15 April 2008

KARANGASEM GELAR SUSKALAK HANSIP

AMLAPURA(Media Karangasem)-Pemkab Karangasem menggelar kursus kader pelaksana(suskalak) B, Hansip/Linmas angkatan XIV disanggar kegiatan belajar(SKB) Jasri Karangasem ,kegiatan tersebut dibuka Bupati Karangasem yang diwakili Asisten Tata Praja Setda ,I Wayan Yastra, SH...

Kapala Badan Kesbang dan linmas selaku leading sector pelaksana kegiatan dimaksud dalam laporannya dibacakan Kabid Hansip/LinmasDrs. I Made Wirawan menyampaikan jumlah peserta Suskalak B angkatan XIV kali ini diikuti oleh 32 orang peserta dari 8 kecamatan se-kabupaten Karangasem .

“ Suskalan yang digelar selama seminggu itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan/ketrampilan serta disiplin bagi para anggota Hansip,sebagai kader-kader pembangunan khususya dalam bidang keamanan lingkungan masyarakat dalam upaya ikut serta membela Negara “ Paparnya.

Materi Suskalak yang diberikan berupa ceramah,manajemen penanggulangan bencana ,wawasan kebangsaan,deteksi didni penanggulangan bencana,organisasi hansip/linmas , jam komando,kamtibnas,bela Negara dan tata upacara militer termasuk baris berbaris serta pengenalan dan pemahaman dini tentang narkoba.

Sementara Bupati Karangasem dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Tata Praja, Yastra menegaskan , Hansip telah lahir pada era perjuangan untuk mencapai kemerdekaan ,namun dewasa ini Hansip/Linmas diberi tugas pokok untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat khususnya dalam hal penanganan bencana alam. Ditambahkan ,Hansip/Lonmas selain dibentuk sebagai wadah untuk mempersiapkan dan mengerahkan potensi perlindungan masyarakat juga sebagai wadah cadangan guna kepentingan hankamnas ,serta bidang produksi yang bertujuan untuk memupuk potensi disegala bidang guna tercapainya kesejahteraan. (Karta)

No comments: