24 April 2008

KADISDIK BALI PANTAU UAN DI KARANGASEM

KARANGASEM(Media Karangasem)-Memasuki hari ketiga Kamis (24-/4)), pelaksanaan Ujian Akhir Nasional(UAN) di Karangasem tergolong berjalan lancar dan tertib. bersama Kadisdik Bali, Tia Kusuma Wardani, didampingi Bupati Karangasem I Wayan Geredeg ,kemarin turun langsung melakukan pemantauan ke sekolah-sekolah untuk melihat dari dekat pelaksanaan UAN tersebut.

Kunjungan diawali ke SMA PGRI 1 Amlapura dan dilanjutkan ke SMAN 2 Amlapura. Tapi sebelumnya Tia Kusuma Wardani bersama rombongan dari Disdik Bali terlabih dulu singgah di SMKN 1 Manggis. Di sekolah tersebut terdapat dua orang siswa gagal mengikuti UAN karena mengalami lakalantas…

Di sela-sela peninjauan tersebut, Kadisdiknas Karangasem, Wayan Wirta, mengatakan, peserta UAN di Karangasem total 2.562 siswa dari 17 SMA dan 374 siswa dari SMK. Dari jumlah tersebut, untuk SMA hanya satu siswa yang gagal mengikuti UAN yakni dari SMA PGRI 1 Amlapura karena mengalami sakit permanen. Sedangkan dari SMK ada 15 siswa termasuk dua orang dari SMKN Manggis. Wirta sendiri berharap siswa yang tidak bisa mengikuti UAN dapat menempuh ujian susulan yang dijadwalkan berlangsung 28 April mendatang.

‘’Kita harap siswa yang tak tak bisa ikut UAN dapat memaksimalkan ujian susulan itu. Sebenarnya ada satu SMA yang total tak mengikuti UAN yakni SMA Swastyastu Kertamandala Abang kerena belum punya siswa kelas III,’’ Terang Wirta.
Wirta menambahkan, untuk pengamanan terhadap lembar soal dan lembar jawaban (LJK) melibatkan tim yang diback-up TNI dan Polri. Terkait lembar soal maupun LJK yang rusak, pihak penyelenggara akan menggantinya sesuai prosedur dengan berita acara yang diketahui tim pemantau independen.

Bupati Wayan Geredeg, berharap tingkat kelulusan UAN tahun ini bisa meningkat atau minimal sama dengan tahun sebelumnya. Harapan yang sama diungkapkan pihak Diknas Bali. Kadisdiknas Bali TIA Kusuma Wardani sendiri enggan menyebut target, yang jelas diharapkan hasil UAN tahun ini bisa lebih bagus sehingga nantinya menghasilkan SDM yang mampu bersaing baik di dunia kerja maupun untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. (Karta W)

No comments: