10 April 2008

CAMAT SELAT BERTEKAD TUNTASKAN WABAH MUNTABER

SELAT(Media Karangasem)-Merasa jengah menghadapi wabah Muntaber yang belum bisa tuntas saat ini, Camat Selat Drs. I Komang Daging bertekad untuk memutus rantai wabah Muntaber dengan mengerahkan sekitar 200 petugas dari untur Kesehatan, Muspika, Organisasi Masyarakat, PGRI dan Korpri dibantu para Kepala Desa, melakukan Gerakan Kaporitisasi Massal serta Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Camat ,Komang Daging, menegaskan pihaknya berupaya optimal menangani Muntaber yang sejak sebulan terakhir cukup merisaukan warganya. “Kegiatan kita menyasar 4 Desa yang rawan wabah antara lain Desa Sebudi, Desa Duda, Desa Duda Utara dan Desa Duda Timur. “ Ujarnya, Kamis(10/4)...

Dilokasi itu, lanjut Daging ,petugas akan melakukan kaporitisasi langsung ke rumah-rumah penduduk dan cubang warga, seraya memberikan penyuluhan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Disampaikannya ,sosialisasi PHBS jauh lebih penting, menurutnya faktor utama terjadinya Muntaber adalah bersumber dari budaya hidup warga yang rawan tak sehat seperti biasa mengkonsumsi air mentah, buang air sembarangan, kandang hewan dengan pemukiman termasuk cubang / tempat air relatif berdekatan serta sanitasi rumah tinggal kurang memadai.

Masih menurut Daging,selama sepekan dilakukan langkah kaporitisasi terbukti adanya penurunan korban baru Muntaber di wilayah Kecamatan Selat.”Saat ini korban muntaber telah menurun drastis ,perharinya rata-rata ada 1 sampai 2 orang terjangkit ,angka ini jauh lebih kecil dibandingkan pada minggu-minggu sebelumnya

Sementara itu informasi terakhir di Puskesmas Selat per Kamis kemarin, dari 18 orang korban, 14 orang diantaranya dipulangkan dengan rawat jalan, sementara 5 orang masih dirawat Inap. (Karta)

No comments: