08 April 2009

PILOT TNI AU AGUS TIRTA YANG TEWAS KECELAKAAN TERNYATA PUTRA KARANGASEM


AMLAPURA—Kaptan Penerbang Gde Putu Agus Tirta Santosa (31). Pilot sekaligus salah satu korban kecelakaan pesawat Foker 27 milik TNI AU di Lanut Husaen Sastra Negara, Bandung Senin siang lalu ternyata Putra asal Karangasem . Dan kebetulan anak dari Camat Kota Amlapura,I Nyoman Kuta BA .Asal Banjar, Ababi, Desa Ababi, Abang, Karangasem.

Jenazah korban tiba di Karangasem Selasa(7/4) sekitar pukul 15.03 Wita di rumah duka atau di rumah orang tua korban .Puluhan orang kerabat dan warga Ababi serta anggota TNI AD dari Kodim 1623 Karangasem langsung menyambut kedatangan janasah lulusan terbaik AKABRI Udara tahun 2000 tersebut.

Selain itu beberapa pejabat penting dari pemkab Karangasem juga turut menyambut kedatngan jenazah korban. Termasuk Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, Wakil Bupati Karangasem I Gusti Lanang Rai dan Sekdakab Karangasem Nengah Sudarsa. Tidak itu saja hadir juga Kapolres Karangasem AKBP Amur Chandra JB SH. Dan Dandim Karangasem Letkol Inf Iman Subadja.

Kedatangan Jenasah korban yang diturunkan dari mobil ambulance milik TNI AU disambut isak tanggis kerabat dan keluarga. Jenazah korban di bopong olah adik korban Letu TNI AU Nyoman Arya Tangkeban bersama dengan anggota TNI AD dari Kodim 1623 Karangasem.

Kesedihan yang paling mendalam juga dirasakan oleh istri korban Ni Putu Nala Trisnawati. Ia yang datang mendampingi jenazah almarhum terlihat memeggang erat baju dinas sang suami berwarna biru sambil mengendong anaknya yang paling kecil, Krisna yang masih berusia 2,5 tahun.

Dirumah duka sepupu korban, Ni Luh Saru langsung histeris. Wanita ini sempat pingsan karena menahan haru. Sementara itu ayah korban yang juga Camat, Kota Amlapura Nyoman Kuta BA Suami dari Ni Ketut Sueni ini nampak tetap terlihat tegar menerima kenyataan itu..

Atas kejadian itu ungkapan belasungkawa bedatangan dari berbagai pihak. Diantaranya pangdam IX/Udayana, Korem 163/ Wirasatya, Dandim 1623 Karangasem, Polres Karangasem, Kalatnas Prisai Diri Bali, Kalatnas Prisai Diri Karangasem dan Kalatnas PD NTB. juga datang dari DPRD Karangasem, Pemkab Karangasem,Kordem Karangasem, Caleg DPR RI dari Golkar Bayuada Karna dan Calon Anggota DPD RI I Wayan Sudirta

Menurut informasi pihak keluarga jenasah almarhum dikubur termasuk pemakaman secara meliter Selasa sore hari itu , di Setra Desa Adat setempat. Penguburan akan dilakukan setelah matahari terbenam karena masih ada upacara Panca Bali Krama dan Ide Batara Turun Kabah di Pura Agung Besakih Karangasem.(Karta W)

Biografi Almarhum

Nama: Kaptan Penerbang I Gde Agus Tirta Santosa SE MM
Tempat Tanggal Lahir: Ababi, Abang, 8 Agustus 2009.
SD no I Ababi, Abang (1985—1991)
SMP 1 Abang (1991—1994)
SMA 1 Amlapura (1994—1997)
Lulusan Akabri Udara Terbaik Tahun 2000
Dengan Pangkat Letda 2000—31 Maret 2004
Letu 1 April---31 Maret 2008
Kapten 1 April 2008 sampai Sekarang

Istri: Ni Putu Nala Trisnawati 29
Anak: Ni Putu Tara (Cewek) 1 tahun
Krisna (Cowok) 2,5 tahun

1 comment:

Anonymous said...

Resiko jadi istri Prajurit.. buat Nala, semoga tabah menghadapi..