21 March 2009

MENJELANG PANCA WALI KRAMA

Rangkaian Nedunang Ide Batara,Dan Prosesi Melasti

BESAKIH—Rangkaian Persiapan menjelang Puncak Karya Agung Panca Bali Krama di Pura Besakih yang merupakan pura terbesar di Bali memasuki eedan Nedunang Ide Batara. Prosesi ini dimulai sekitar pukul 16.00 wita,Jumat(20/3) Kemarin diawali dengan ngatur sekaligus nedunang Ide Batara Penataran Agung atau Ide Batara Lingsir.

Dalam kesempatan tersebut,Gubernur Bali, Made Mangku Pastika serta mantan Gubernur Bali Dewa Made Beratha nampak ikut ngayah mundut Ide Batara Lingsir. Selain Gubernur beserta rombongan staf dari Prmprov Bali diantaranya Sekprov Nyoman Yasa yang turut turun ngayah, Bupati Gianyar Cokorda Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace juga Nampak hadir nampak juga Bupati Kelungkung Wayan Candra dan beberapa stafnya. Termasuk Bupati Karangasem I Wayan Geredeg didampingi Sekdakab Karangasem Nengah Sudarsa. Geredeg sendiri sebelumnya juga sempat ngayah mundut Ide Batara Kiduling Kerteg yang juga tedun dari Pesimpanan Ide menuju Pesamoan Pura Penetaran Agung. .

Pemkab Karangasem sendiri mengemong dua Pura di Lingkungan Pura Besakih yakni Pura Kiduling Kertag dan Pura Marajapati Hyang Haluh. Keduanya Ide Batara kemarin juga ketur dan tedun ke Pura Penataran Agung.

Selanjutnya bertutut turut tedun sekaligus kelinggihang Ide Batara dari Pura Gelap yang diamong Pamkeb Kelungkung, Pura Ulun Kulkul yang diamong Pemkab Gianyar, Pura Benoa Kawan dan Benoa Kangin (Buleleng), Merajan Selonding (Denpasar), Dalem Puri (Badung), Pura Basukian (Tabanan) dan Pura Manik Mas yang diamong oleh Pemkab Negara. Sementara Pura Penataran Agung sendiri manjadi amongan Pamprov Bali.
Dalam prosesi itu ketuur sekaligus tedun juga Ide Batara dari Pura catur Lawa diantaranya Ide Batara Ratu Pasek, Ide Batara Ratu Pande serta Ratu Dukuh. Juga katuur Ide Batara di seluruh Pedarman yang ada di Besakih.

Selanjutnya Ide Betara katuran Ayaban di Pura Penataran Agung Besakih yang dipuput oleh Ide Panda Gede Wayahan Buruan dari Geria Gede Buruan, Gianyar.Setelah Prosesi Nedunang Ida Betara tersebut ,pada Sabtu ini Pretima Ide Batara akan dibawa Melasti ke segara Klotok Kelungkung.

Perjalanan Ide Batara Melasti dengan menempuh jarak sekitar 70 Kakan berlangsung sampai 23 Maret mendatang. Sementara itu jalur perjalanan Ide Batara Melasti kemarin nampak sudah disiapkan sedemikian rupa. Termasuk pembersihan semua Baliho dan atribut Parpol sepanjang jalur di Tiga Kecamatan yakni Rendang,Selat Dan Sidemen. Tidak itu saja pihak Panpel sebagaimana diinformasikan Ka Panpel, I Wayan Gunatra juga akan menutup sementara truk truk galian C yang melewati dijalur Ide Batara Malasti. (Karta W)

No comments: