07 May 2008

SOSIALISASI PILGUB,KPU SASAR ORMAS

KARANGASEM-(Media Karangasem)
Guna memasyarakatkan pelaksanaan Pilgub 2008, KPU Karangasem menggarap ormas yang ada di bawah koodinasi KNPI, sebagai langkah memberi pemahaman mekanisme dan tahapan pelaksanaan Pilgub bagi generasi muda..

Ketua KPU I Nyoman Orta Susila, S.sos, mengatakan, dalam Pilgub telah dilakukan tahapan seperti masa persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Ada 10 peraturan mendasari proses pelaksanaan Pilgub. Sosialisasi bertujuan meningkatkan pemahaman Pilgub dan menumbuhkan kesadaran politik masyarakat menggunakan hak-haknya. Saat ini diperlukan partisipasi untuk mencermati pengumuman Daftar pemilih (DP4), dengan melakukan koreksi jika ada nama-nama calon pemilih yang belum termuat. Berikutnya baru dilaksanakan perbaikan Daftar pemilih dan akan diumumkan / ditetapkan tanggal 20 Mei mendatang.

Sementara itu. Ketua KNPI I Nyoman Celos, SE mengatakan, menyongsong Pilgub perlu dipahami mekanisme pelaksanaannya dikalangan ormas sehingga dapat berpartisipasi aktif menyukseskan agenda penting suksesi kepemimpinan di Bali.

Generasi Muda merupakan agen perubahan masyarakat, pelopor mencari format baru lebih baik dalam tatanan kehidupan berbangsa bernegara. Pemuda ditengah masyarakat selalu ditanya oleh lingkungan karena dianggap pemuda memiliki kemampuan lebih, lebih mobile dari orang tua. Ia menegaskan, proses Pilgub harus berjalan karena akan menentukan proses kepemimpinan Bali ke depan. Secara ideal Pilgub harus berjalan maksimal, lancar tanpa cacat, namun secara praktis kendala dan hambatan di berbagai segi pasti ada, yang harus diterima apa adanya.

Ormas tidak dilarang untuk berafiliasi pada salah satu kekuatan politik / parpol sepanjang dalam konteks penyaluran aspirasi politik secara sehat dan bertanggung jawab. Kebinekaan ormas secara organisatoris merupakan khasanah kebebasan untuk berkiprah memberi kontribusi terhadap pembangunan bangsa. Perbedaan warna dan baju tidak perlu diperdebatkan tetapi yang penting dijalin adalah misi untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan sumber daya pemuda. (Karta W)

No comments: